Terkait Unjuk Rasa, Iwan Pagar Alam: Selagi Tidak Menabrak AD/ART, Musda DKSS Jangan Ditunda

Terkait Unjuk Rasa, Iwan Pagar Alam: Selagi Tidak Menabrak AD/ART, Musda DKSS Jangan Ditunda

Tim kesenian.--

PAGARALAM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Menanggapi ada sekelompok seniman yang berada di Kota Palembang melakukan aksi unjuk rasa, pada hari Selasa, 29 Agustus 2023 dikantor Gubernur Sumatera Selatan yang menolak rencana Musda DKSS.

"Hal itu merupakan riak yang sangat wajar dan bentuk kecintaan para seniman terhadap organisasi dewan kesenian yang menjadi wadah/rumah mereka dalam berkarya," tutur Penggiat Seni Pagar Alam, Iwan Riduan S.Sn., Kamis 31 Agustus 2023.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Rumah Angker di Kota Gudeg, Netizen: Sering Muncul Sosok Pocong Bergentayangan

Iwan juga menjelaskan, Gubernur dalam hal ini Kadisbudpar Sumsel sudah benar dan sepatutnya mengakomodir bentuk protes para pengunjuk rasa tersebut dengan cara yang bijaksana.

"Tinggal gimana caranya Kadisbudpar Sumsel bisa segera meredam riak-riak ini dengan komunikatif melalui keputusan strategis yang melibatkan para ahli sehingga agenda Musda VI DKSS yang sudah direncanakan jauh-jauh hari bisa terus berjalan sebagaimana mestinya," jelasnya.

BACA JUGA:Awas, Misteri Kereta Berjalan Otomatis Tanpa Masinis di Sekitar Stasiun Poncol, Semarang

Gejolak lanjut Iwan, maupun perbedaan pendapat dalam proses pemilihan pengurus baru sebuah organisasi merupakan hal yang sangat wajar, apalagi organisasi dewan kesenian yang mana organisasi tersebut merupakan kumpulan figur-figur pemikir keras, idealis yang terus menjaga integritas.

"Jadi, riak para seniman tersebut tentulah tak bisa dihindari untuk terjadi. Namun, sejauh AD/ART tidak ada yang dilanggar, terus komunikatif ke publik tentulah riak-riak tersebut jangan dijadikan alasan tuk menghambat ataupun menunda-nunda agenda yang sudah disusun sebelumnya," imbuhnya.

BACA JUGA:Terdapat Bangunan Istana Seluas 5 Hektare di Hutan Jati Lamongan, Benarkah Itu?

Tambah Iwan, seperti yang juga terjadi pada saat proses pemilihan anggota Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) beberapa bulan yang lalu, Musyawarah Kesenian Jakarta (MKJ) yang sedang berlangsung ricuh karena ada sekelompok seniman yang protes keras, namun hal tersebut tidak mengganggu agenda pemilihan anggota DKJ yang baru.

"DKSS merupakan organisasi yang bukan hanya tuk mengakomodir kepentingan seniman yang berada di Palembang semata, walapun memang tidak semua kepentingan bisa diakomodir kami yang berada di 16 Kabupaten/Kota lainnya berharap Musda DKSS nanti berjalan lancar sehingga program-program kesenian yang telah kami susun tidak terganggu dan bisa berjalan sesuai agenda,"pungkasnya. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: