Mitos dan Fakta Saranjana, Kota Gaib di Kota Baru Kalimantan Selatan

Mitos dan Fakta Saranjana, Kota Gaib di Kota Baru Kalimantan Selatan

Ilustrasi Kota Gaib--

Kepala suku pertamanya bernama Sampuranjana dan memiliki kerajaan bernama Nan Sarunai yang mengikuti kepercayaan animisme. 

Nama Samburanjana kemudian berubah menjadi Saranjana dalam lidah orang lokal dan dipengaruhi oleh agama Hindu lama. 

BACA JUGA:Wentira Sulawesi Tengah dan Padang 12 Kalimantan Barat, Dua Kota Gaib Selain Saranjana

Meskipun suku Dayak Samihim meninggalkan wilayahnya karena perang dengan kekuatan asing, nama Saranjana tetap bertahan sebagai pusat kekuasaan mereka hingga sekarang.

Fakta dan Catatan Sejarah Tentang Saranjana

BACA JUGA:Kota Gaib Saranjana Ari Lasso Mengaku Pernah Mengalami Kejadian Aneh saat Konser

Dalam sumber lisan, kerajaan Saranjana dirusak oleh pasukan Jawa yang datang dari Marajan Pahit atau Majapahit sehingga menurut hipotesis ini, kerajaan Saranjana muncul sebelum tahun 1660-an atau sebelum abad ke-17 Masehi. 

Mansur, seorang ketua lembaga kajian sejarah sosial dan budaya Kalimantan, menyatakan bahwa keberadaan kota gaib Saranjana dalam perspektif sejarah adalah fakta. 

BACA JUGA:Peta Kota Saranjana Sudah Ada di Google Maps?, Yuk Cek Sekarang Juga! Begini Caranya

Hal ini ditunjukkan oleh Salomon Muller, seorang naturalis kebangsaan Jerman, dalam peta bertajuk "Peta Wilayah Pesisir dan Pedalaman Borneo" pada tahun 1845. 

Peta ini menggambarkan terdapat wilayah yang tertulis sebagai Tanjung atau Huk Saranjana, terletak di sebelah selatan Pulau Laut, berbatasan dengan wilayah Pulau Kerumputan dan Pulau Kijang. 

BACA JUGA:Kota Saranjana Google Maps Cara Cek Lokasinya Ada di Mana!

Mansur menyebut Solomon Muller telah mendapatkan pelatihan dari Museum Leiden dan tengah melakukan perjalanan penelitian tentang dunia binatang dan tumbuhan di Indonesia. 

Namun, belum bisa dipastikan apakah Solomon Muller pernah berkunjung ke Tanjung Saranjana sebelum memetakan wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Penduduk Kota Saranjana Berikut Gambarannya! Berparas Rupawan, Ramah dan Suka Menolong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: