Ternyata Ini Manfaat Sensus Pertanian, Bisa Sejahterakan Petani!!

Ternyata Ini Manfaat Sensus Pertanian, Bisa Sejahterakan Petani!!

Windy Prabowo Setyawan. Kepala BPS Empat Lawang. (Foto diambil ketika pencanangan ST2023 oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, pada acara Pembukaan KTNA dan PEDA 10 Mei 2023 di Oku Timur Sumatera Selatan)--

Bertitik tolak dengan kondisi tersebut, sangat diperlukan ketersediaan data sektor pertanian yang akurat dan terkini.

"Data itu dapat digunakan sebagai acuan bagi pemerintah maupun stakeholder dalam merencanakan dan merumuskan kebijakan-kebijakan, baik untuk kepentingan internal stakeholder maupun untuk pembangunan nasional," ucapnya.

BACA JUGA:20 Contoh Soal dan Kunci Jawaban CAT Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028

Windy menambahkan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) dilakukan untuk mengakomodasi indikator yang dibutuhkan untuk kelengkapan data pertanian yang berkembang sangat dinamis.

"Juga untuk menjawab kebutuhan data baik di level nasional maupun internasional dengan mengacu pada World Programme for the Census of Agriculture (WCA) oleh Food and Agricultural Organization (FAO)," lanjut Windy.

Data yang dihasilkan melalui ST2023 tersebut digunakan sebagai acuan pemerintah dalam merumuskan kebijakan serta evaluasi terhadap capaian pembangunan, terutama terkait pembangunan di bidang pertanian.

BACA JUGA:Kasus Pulo Mas Bakal Ada Tersangka Baru?

Indikator penting yang dihasilkan melalui ST2023 antara lain adalah luas lahan berdasarkan status kepemilikan, penggunaan pupuk dan pestisida, geospasial pertanian, petani skala kecil, urban farming, dan sebagainya. 

"Indikator strategis tersebut sangat diperlukan untuk membantu Pemerintah di dalam membuat kebijakan yang nanti dapat berdampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia," jelas Windy. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: