Explore Keindahan Alam Pagaralam, Tim IOX PALA 2023 Gelar Aksi Baksos

Explore Keindahan Alam Pagaralam, Tim IOX PALA 2023 Gelar Aksi Baksos

BAKSOS: Peserta IOX PALA 2023 gelar aksi Baksos, dengan penyaluran berupa bantuan Al-Qur’an diterima pengurus Masjid Al Mu’minin Dusun Keraduk di kawasan Kelurahan Agung Lawangan. -istimewa---

PAGARALAM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Tak hanya berjibaku, jelajah area menantang dan menembus alam hutan di wilayah Kota Pagaralam, offroader peserta Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Pagaralam – Lampung (PALA) 2023 juga menggelar Bakti Sosial (Baksos) kepada warga di wilayah Dusun Keraduk Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, menjadi lokasi area dilalui para offroader IOX.

“Untuk efek domino yang dirasakan masyarakat Pagaralam, seperti kita ketahui jika para peserta ini berbelanja di Pagaralam, memenuhi kebutuhan logistik yang setiap mobil offroad, minimal persiapan dalam waktu seminggu kedepan,” jelas Ketua Panitia IOX PALA 2023 Alpian Maskoni SH, yang juga menjabat Walikota Pagaralam.

BACA JUGA:62 Tim Ambil Bagian IOX PALA 2023, Kak Pian Siap Taklukan Jalur

Dikatakan Piuk, bila ada peserta expedisi yang tertinggal di PC 3, PC 5. Itu merupakan hal yang sudah biasa, tapi seluruh peserta sudah dibekali dengan alat GPS. Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, maka perjalanan IOX PALA 2023 ini, dimulai start tanggal 7 dan finish di Kalianda Lampung itu tanggal 20 Mei 2023 mendatang.

“Pada giat ini juga kita tak hanya melintasi bentangan alam Pagaralam, yang luar biasa dan memiliki rute menantang super ekstrem. Kita juga mengadakan aksi Baksos, yang kita lakukan di kawasan Dusun Janang, Baksos itu berupa pemberian Al-Qur’an, baik itu kepada Pengurus Masjid maupun PAUD,” ungkapnya.

BACA JUGA:Event Offroad Super Ekstrim, Ajang Kenalkan Kota Pagaralam

Dikatakan Piuk, Baksos ini juga merupakan rangkaian kegiatan dari IOX PALA 2023, selain peduli lingkungan juga peduli kepada masyarakat, sedangkan tujuan dari ekspedisi offroad IOX PALA 2023 sendiri, selain untuk menikmati alam dan budaya setempat, juga turut serta memperkenalkan Kota Pagaralam, sebagai satu-satunya Kota di dunia, yang kebutuhan pasikan listriknya sepenuhnya, dipenuhi dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

Mengenai perjalanan offroad super ekstrim, pada ajang IOX PALA 2023, sebut Piuk, para peserta akan menempuh jarak sepanjang sekira 689 Km, dalam waktu 14 hari perjalanan, terkait Pagaralam dipilih sebagai start pelaksanaan IOX PALA 2023, mengingat Kota Pagaralam belum pernah dieksplore, untuk giat offroad adventure. Tapi, pada intinya itu karena Kota Pagaralam merupakan daerah dingin. Dan Pagaralam secara bentang alam tak jauh berbeda, akan tetapi sedikit lebih unik, karena kultur tanah di Pagaralam, sangat subur dan menjadi tantangan tersendiri bagi para offroader.   

BACA JUGA:The Next Legend Offroad Indonesia, David: Pagaralam Kota yang Indah

“Khusus medan ekstrem offroad di Pagaralam pada IOX PALA 2023, ada di area atau kawasan Kibuk. Tentunya, iven ini kita (Pagaralam, red) diuntungkan, karena banyak yang datang ke Pagaralam, tanpa menggunakan anggaran Pemkot Pagaralam. Makanya, kita melibatkan semua OPD, untuk melihat iven ini. Tentunya, iven ini juga menjadi suatu tontonan bagi masyarakat Pagaralam,” pungkasnya. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: