Aduh! Pengepul Ikut Libur Lebaran, Petani Kebingungan Jual Sawitnya

Aduh! Pengepul Ikut Libur Lebaran, Petani Kebingungan Jual Sawitnya

Buah Sawit Siap Panen. Foto: Andika/REL--

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jelang hari raya idul Fitri 1444 Hijriyah, tengkulak alias pengepul tandan buah segar (TBS) sawit, stop beroperasi di kabupaten Empat Lawang mulai per hari ini, Senin (17/04/2023).

Kondisi ini membuat petani sawit di kabupaten Empat Lawang kebingungan. Lantaran belum bisa menjual hasil panennya, padahal TBS mereka saat ini sudah banyak yang siap panen.

BACA JUGA:Harga TBS Sawit Turun, Ini Daftar Harga Sawit Selengkapnya !!

Salah seorang petani sawit, Agus (36) mengungkapkan, ia kebingungan tengkulak maupun pengepul tidak membeli buah sawit saat hendak menjual hasil panennya.

"Tadi siang saya hendak panen buah sawit. Ketika saya temui pengepul dia mengatakan saat ini tidak membeli buah lantaran hendak perayaan hari raya idul Fitri," ungkap Agus.

BACA JUGA:Upadate Harga Sawit, Jelang Ramadhan Alami Kenaikan

Karena itu dia kebingungan harus kemana menjual buah kelapa sawitnya yang sudah siap panen. Sedangkan pengepul tidak ada yang membeli buah sawit. 

"Kalau hendak menunggu sampai pengepul buka buah sawit saya ini sudah tak rontok semua, lepas dari tangkainya,

Sementara itu, salah seorang pengepul buah sawit, Zulharis mengungkapkan saat ini dirinya lagi libur untuk membeli buah sawit. Karena hendak perayaan hari raya Idul Fitri 1444 hijriah.

BACA JUGA:Supaya Tanaman Kelapa Sawit Subur, Ini Tips Ala Petani Desa

"Mungkin saya akan membeli buah sawit petani lagi 3-4 Hari seusai perayaan hari raya idul Fitri dan sudah di pastikan pabrik pelemparan kami sudah buka kembali," tuturnya.

Sebab sambung dia, jika tetap membeli buah sawit petani, dirinya juga bingung mau menjual lagi ke mana. "Sedangkan orang tutup semua, malah tempat penjualan kami yang buka," ujarnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: