Songsong Bonus Demografi 2045, Ini yang Dilakukan

Songsong Bonus Demografi 2045, Ini yang Dilakukan

Rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) paripurna di Kabupaten Empat Lawang.-Foto: Andika/REL-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten EMPAT LAWANG, menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) paripurna di Kabupaten EMPAT LAWANG.

Kegiatan ini berlangsung di aula ruang kelas SMP Negeri 4 Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Rabu (5/4/2023).

BACA JUGA:Kampung KB Sudah 100 Persen Dicanangkan

Dalam kegiatan ini, hadir seluruh guru SMP Negeri 4 Tebing Tinggi, dan menghadirkan pemateri dari BKKBN Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel).

Kepala DPPKB Kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali mengatakan, kegiatan Rakor dan Sosialisasi Pembentukan SSK diharapkan sekolah dapat menerapkan program-program agar dapat integrasikan dengan kurikulum.

BACA JUGA:Kadis Disdikbud: Kita Bangga M. Duta Hidayat Ukir Sejarah Siswa Pertama yang Tembus ke UI

"Kalau dulu ada mata pelajaran geografi kependudukan, diharapkan guru-guru itu pada saat melaksanakan menyajikan pelajaran apapun pelajarannya dikaitkan dengan kependudukan," katanya.

Pendidikan kependudukan itu diantaranya terkait dengan masalah kesehatan reproduksi,.kemografi, perpindahan, dan sebagainya.

BACA JUGA:Mendikbud Hapus Tes Calistung, Disdikbud Empat Lawang: Tak Seharusnya Anak Usia Dini Dibebankan Calistung

"Kita menginginkan bahwa anak-anak  itu paham tentang kependudukan itu akan tetapi  bukan berarti mengajari anak itu alat kontrasepsi," imbuhnya.

Jadi sambung dia, mengajari para siswa untuk merencanakan hidup masa depan yang diinginkan.

BACA JUGA:Wujudkan SDM Berkualitas, DKPP Gandeng TP PKK dan DPPKB3A Pagaralam Gelar Lomba B2SA

"Dengan memahami  aspek demografi, karena hal tersebut terkait menyongsong bonus demografi 2045 mendatang," jelasnya.

Sementara, Kepala SMP Negeri 4 Tebing Tinggi, Asnidar Ningsih mengatakan, terkait dengan kegiatan sosialisasi SSK ini, pihaknya sebagai warga SMP Negeri 4 Tebing Tinggi, sangat senang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: