5 Keunggulan Kuliah di Jurusan Gizi, Yuks Simak di Sini

5 Keunggulan Kuliah di Jurusan Gizi, Yuks Simak di Sini

Masyitho Nur Hafiah (Mahasiswi Jurusan S1 Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya)-FOTO: ANITA-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jurusan gizi itu ilmu yang mempelajari tentang pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, terutama berkaitan dengan hubungan sebab akibat atau timbal balik antara asupan pada makanan dan juga kesehatan. 

Ada banyak orang-orang yang kuliah mengambil jurusan gizi, salah satunya ialah Masyitho Nur Hafiah, salah seorang mahasiswi dari Universitas Sriwijaya (UNSRI).

Menurut Masyitho, di ilmu gizi juga ada beberapa matakuliah dengan menggunakan metode perhitungan, yang sistem penghitungannya lebih ke nilai seni berpikir dalam menyelesaikan studi kasus penyakit tertentu yang dipelajari di sana.

Kelebihan mengambil ataupun memilih jurusan ini, menurut pengalaman Masyitho pada masa perkuliahan ini, ada beberapa seperti:

BACA JUGA:Langkah Membuat Es Doger Menu Andalan Berbuka Puasa

1. Bisa mengeksplor lebih jauh tentang makanan yang sehat itu seperti apa dan dipraktikkan secara langsung di Laboratorium Kulinari (Tempat praktikum memasak).

2. Ilmu yang diperoleh sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari, karena setiap manusia pasti butuh makan dan benar apa yang dimakan itulah yang akan ditimbulkan sebab dan akibatnya di tubuh, sehingga seseorang bisa mengatur sendiri pola makan yang sehat itu bagaimana.

3. Prospek kerja yang cukup luas dan jelas. Contohnya bisa kerja di RS, Puskemas, Dinas kesehatan, Dinas Sosial, Konsultan Gizi, bikin usaha Cathering, di BPOM dan menjadi penyelenggara makanan di suatu tempat seperti instansi/sekolah, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, jurusan gizi juga memiliki peluang untuk menciptakan sebuah produk terutamanya makanan sehat, kosmetik dan inovasi makanan sehat.

BACA JUGA:Pedagang Buah Menikmati Berkah Ramadhan

4. Terkhusus yang bisa masak, ini akan menjadi nilai plus di Jurusan Gizi karena kebanyakan praktikum di Jurusan Gizi ini masak-memasak makanan untuk pasien dengan penyakit tertentu dan memasak kuliner berskala internasional. Bisa jadi setelah kuliah jago masak. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk yang belum bisa masak dalam mengeksplorasi di jurusan ini.

5. Point penting kelebihan mempelajari jurusan ilmu gizi ini menurut Masyitho, seseorang bisa memahami stigma kalau makan makanan sehat itu tidak harus dengan makanan yang mahal dan mewah, cukup bervariasi dan memenuhi isi piring (pedoman gizi seimbang saat ini).

Masyitho juga menceritakan alasannya kuliah mengambil Jurusan Gizi yakni berawal dari penasaran dengan kalimat 'Apa yang kita makan, itulah yang akan menjadi timbal balik pada tubuh kita' dan benar terbukti ketika seiring berjalannya waktu berkuliah di jurusan gizi.

Menurut Masyitho ilmu kuliah di Jurusan Gizi sangat berguna untuk diaplikasikan di kehidupan sehari-hari baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: