Cinta Kebersihan, Ini yang Dilakukan SDN 12 Muara Pinang

Cinta Kebersihan, Ini yang Dilakukan SDN 12 Muara Pinang

HALAMAN: Siswa dan guru sedang membersihkan halaman sekolah, Sabtu (18/3/2023).-Anita Silvia/REL-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Tidak hanya memberikan mata pelajaran umum saja, tugas seorang guru ialah menanamkan kepada siswa tentang kebaikan agar siswa yang dididik memiliki karakter yang baik. 

Salah satu hal baik yang diajarkan kepada siswa ialah cinta kebersihan lingkungan. Semakin cepat mengajarkan kepada anak tentang pentingnya kebersihan lingkungan, maka akan semakin baik. Karena lebih mudah mengajarkan siswa ketika masih anak-anak dibanding mengajarkannya ketika siswa sudah dewasa. 

Seperti yang diketahui, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Itu artinya, jikalau guru mengajarkan siswa tentang pentingnya kebersihan maka otomatis seorang guru juga telah mengajarkan kepada siswa tentang keimanan.

BACA JUGA:Terkesan tak Peduli Kebersihan, Tumpukan Sampah di Pulo Mas Mengeluarkan Bau tak Sedap

Seperti yang dilakukan oleh SDN 12 Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala SDN 12 Muara Pinang, Maryani mengatakan untuk menanamkan nilai-nilai kebersihan lingkungan kepada siswa, sekolahnya melakukan kebersihan lingkungan setiap Sabtu pagi sebelum memulai jam pelajaran. 

"Ya, sekolah kami rutin kebersihan lingkungan seminggu sekali. Guru dan siswa bekerjasama membersihkan halaman sekolah," kata Maryani kepada Rakyat Empat Lawang, Sabtu (18/3).

BACA JUGA:Pentingnya Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan

Sebelum kebersihan lingkungan, sekolahnya melaksanakan senam pagi bersama. Hal ini bertujuan agar guru dan siswa memiliki tubuh yang sehat.

"Kalau tubuh sehat maka akan semangat bersekolah. Harapannya dengan rutin dilaksanakan seman pagi dan kebersihan, guru dan siswa menjadi lebih nyaman untuk belajar," harap Maryani. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: