GSB Laksanakan Pelatihan Penanggulangan Karhutla dan Bentuk Kelompok Tani Peduli Api

GSB Laksanakan Pelatihan Penanggulangan Karhutla dan Bentuk  Kelompok Tani  Peduli Api

LATIH: Pelaksanaan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bekerja sama dengan Tim Manggala Agni Sumsel DAOP Lahat pada tanggal 14-15 Maret 2023, lalu. Foto: Istimewa--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - PT Galempa Sejahtera Bersama (GSB), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk yang berlokasi di EMPAT LAWANG, Sumatera Selatan (Sumsel), melaksanakan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bekerja sama dengan Tim Manggala Agni Sumsel DAOP Lahat pada tanggal 14-15 Maret 2023, lalu.

Kegiatan pelatihan pengendalian Karhutla ini merupakan komitmen PT GSB dalam melakukan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Salah satu upayanya dengan melakukan pelatihan kepada staf dan karyawan Regu Tanggap Darurat, serta membentuk Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) yang memberikan edukasi tentang pengendalian Karhutla. 

BACA JUGA:Wah Gawat!, Ternak Sapi di Empat Lawang Banyak Terserang LSD

Para peserta mengikuti materi-materi pelatihan yang diberikan baik secara teori maupun praktek, seperti Pencegahan kebakaran lahan dan hutan, metode pemadaman kebakaran, sarana dan prasarana kebakaran serta pengorganisasian sistem tanggap darurat.

Hadir pada kegiatan pelatihan beberapa jajaran pemerintah daerah, seperti Kepala Pemadam Kebakaran Kabupaten Empat Lawang, Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Kapolsek Tebing tinggi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang. 

Dalam sambutannya, Estate Manager GSB, Parlin A Siregar menyampaikan, pelatihan bersertifikasi ini sangat penting bagi peningkatan kemahiran regu penanggulangan kebakaran yang telah disiapkan perusahaan. 

BACA JUGA:Rakor Hadapi Karhutlah Tahun 2023

Selain itu, diharapkan staf yang ditunjuk agar lebih memahami risiko bahaya kebakaran di lokasi kerjanya masing-masing, sehingga terwujudnya sumber daya yang kompeten dalam pencegahan dan pengendalian Karhutla. 

Parlin menyebut, merupakan suatu kehormatan bagi GSB dan sebagai bentuk kolaborasi dari berbagai pihak dalam upaya mendukung penanggulangan bencana Karhutla di Empat Lawang. 

"Kami berharap dengan pelatihan ini, staf GSB dan KTPA yang sudah dilatih dapat secara aktif ikut dalam mensosialisasikan kepada masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,” tambah Parlin.

BACA JUGA:Emang Paling Digital, Bank Mandiri Torehkan Kinerja Apik di 2022

Dalam mencegah Karhutla, PT GSB telah memasang papan imbauan di tempat umum atau titik strategis yang sering dilalui masyarakat. 

Perusahaan ini juga meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan dan antisipasi Karhutla. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: