Belum Ada Lembaga Adat tingkat Desa/Kelurahan Terdaftar di Disdikbud Empat Lawang

Belum Ada Lembaga Adat tingkat Desa/Kelurahan Terdaftar di Disdikbud Empat Lawang

KANTOR: Tampak Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang, Kamis (2/3/2023). Foto: Anita Silvia/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Di Kabupaten EMPAT LAWANG belum ada lembaga adat tingkat desa/kelurahan yang terdata di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) EMPAT LAWANG.

Kepala Disdikbud Empat Lawang, John Heri melalui Kabid Kebudayaan, Muhammad Zuhdi mengatakan, lembaga adat baru ada di tingkat kabupaten. 

Begitu juga dengan sanggar seni. Ada banyak sanggar seni yang ada di Kabupaten Empat Lawang, namun belum ada yang terdata di Disdikbud. 

Oleh karena itu, pada tahun 2023 ini, ada beberapa rencana program kerja yang akan dilakukan oleh Bidang Kebudayaan Disdikbud Empat Lawang. 

BACA JUGA:3 Budaya di Empat Lawang yang Wajib Dilestarikan, Nomor 3 Jarang Dilakukan

Muhammad Zuhdi menjelaskan, ke depannya ia akan mulai melakukan pendataan tentang lembaga adat tingkat desa/kelurahan di Empat Lawang, juga ada pendataan sanggar seni di Empat Lawang.

"Kalau lembaga adat desa/kelurahan dan sanggar seni sudah didata, maka ke depannya akan mendapat pengakuan," terang Zuhdi saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (2/3/2023).

Dan apabila sudah diakui maka sambug Zuhdi, jika ada bantuan-bantuan bisa kita alokasikan. 

"Seperti halnya di bidang persekolahan adalah akan mengurusi satuan pendidikan. Begitu juga dengan bidang kebudayaan, akan mengurusi kebudayaan di tingkat desa/kelurahan," katanya.

BACA JUGA:Perkenalkan Pagaralam di Kanca Nasional, Samsul : Even Kesenian dan Kebudayaan Salah Satu Caranya

Selain melakukan pendataan, ke depannya juga akan ada beberapa kegiatan yang menunjang kebudayaan di Empat Lawang seperti Empat Lawang Ekspo, dan Sedekah Serabi. 

"Sedekah Serabi sudah ditetapkan oleh Kemenkumham sebagai salah satu warisan Budaya tak Benda milik Kabupaten Empat Lawang. Karena itu, kita akan adakan program khusus untuk acara Sedekah Serabi," ucap Zuhdi.

Zuhdi berharap, ke depannya, lebih banyak lagi terdata Budaya Benda dan Budaya Tak Benda yang terdata di Bidang Kebudayaan.

BACA JUGA:Jaga dan Pertahankan Budaya Kearifan Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: