Siap-Siap! Tepat Jam 10.00 WIB Pagi Ini Penetapan Dana Haji

Siap-Siap! Tepat Jam 10.00 WIB Pagi Ini Penetapan Dana Haji

Ilustrasi orang naik haji.-FOTO: ANITA-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Polemik kenaikan dana haji di tahun 2023 ini terus menjadi perbincangan.

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Choli Qoumas menyebut adanya kenaikan dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, pertengahan Januari lalu.

Dalam rapat itu, Kemenag mengusulkan rata-rata BPIH untuk masing-masing jemaah mencapai Rp 98,89 juta. Sementara biaya haji yang ditanggung oleh jamaah diusulkan sebesar Rp 69,19 juta.

BACA JUGA:Kuota Haji 2023 untuk Kabupaten Empat Lawang

Kenaikan biaya haji ini sangat signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang biaya haji yang ditanggung jamaah sebesar Rp 39,8 juta.

Sebab, tahun lalu biaya haji masih menggunakan skema komposisi 40 persen dari jemaah dan 60 persen ditanggung dana nilai manfaat.

Setelah melalui proses penyisiran dan efisiensi, Kemenag kemudian mengusulkan BPIH sebesar Rp 90 juta.

Dari jumlah tersebut, Bipih atau biaya yang dibebankan kepada jemaah sebesar Rp 49,8 juta atau dengan komposisi 55,3 persen, sementara 44,7 persen pembiayaan lainnya atau sebesar Rp 40,2 juta ditanggung dana nilai manfaat.

BACA JUGA:Waiting List Haji Pagaralam Capai 3.464 Jama’ah

Kepala Kemenag Kabupaten Empat Lawang, H. Azhari Rahardi mengatakan awalnya Kementerian Agama mengusulkan dana haji yang ditanggung oleh jamaah sebesar 69,19 juta, namun itu sifatnya baru usulan ke DPR RI.

"Sifatnya baru usulan, namun semalam sudah disebut angka Rp 49,8 juta yang ditanggung oleh jamaah haji. Itu belum ditetapkan secara resmi. Jam 10 hari ini penetapannya. Kita tunggu saja ya penetapannya," kata Azhari.

Salah seorang warga Talang Banyu, Kecamatan Tebing Tinggi, Adi Candra yang sudah mendaftar diri bersama istri tercinta untuk berangkat haji mengatakan soal kenaikan mengikuti ketentuan pemerintah, berdoa ke depan ada rejeki untuk bisa menambah kekurangan dana yang sudah disetor, dan umur panjang bisa berangkat haji.

"Syukur alhamdulillah sudah bisa daftar haji. Mudah-mudahan harapan dan niat ke tanah suci bersama istri bisa terlaksana kelak di kemudian hari," harap Adi. (Ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: