Kompetisi Teater Sekolah Piala Bergilir Gubernur Sumsel Diundur 2 Mei 2023

Kompetisi Teater Sekolah Piala Bergilir Gubernur Sumsel Diundur 2 Mei 2023

Salah satu adegan Teater Sangsas MA Patra Mandiri Palembang saat shooting di TVRI Sumsel, mengusung naskah "Puyang Leluhur" Karya dan Surtadara Eka Armawari, S.Pd, Septenber 2022. (foto.dok.Fortass)--

BACA JUGA:Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kabupaten Empat Lawang Buka Pendaftaran Siswa

“Sebab, untuk menggarap satu pementasan teater, paling tidak diperlukan waktu tiga bulan. Nah, ini kan banyak waktu untuk latihan yang lebih panjang. Jadi manfaatkan jeda waktu ini untuk fokus, dan menampilkan karya terbaik dalam festival ini,” ujarnya.

Ditanya tentang target peserta, Yosep menjelaskan, festival dan naugerah teater sekolah se-Sumsel ini, Fortass menargetkan 60 peserta tim teater yang akan tampil. Sebab, melihat jumlah teater di Sumsel yang terdata di Litbang Fortass, per 1 Agustus 2022, sudah terdata ada 49 komunitas teater di sekolah se-Sumsel. 

“Jadi kita opitmis target ini akan tercapai. Kami sudah berkunjung ke sejumlah sekolah di kota dan kabupaten, untuk melihat kesiapan mereka, terutama sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah menjadi binaan Fortas Sumsel,” tegasnya.

Menyikapi mundurnya festival dan anugerah teater sekolah se-Sumsel ini, Erwin Janim, salah satu pembina teater skeolah di Palembang menyebutkan, hal ini sangat berdampak positif bagi sejumlah teater, terutama peserta festival.

BACA JUGA:Patut Ditiru, Mahasiswa Ini Lestarikan Seni Bela Diri Kuntau Melalui Sanggar Tari

Sebab, menurut Ketua Teater Mahameru Palembang ini, mundurnya festival bisa menambah waktu latihan para peserta. Menurut aktor komedian Palembang ini, semakin banyak waktu latihan, idealnya garapan pementasan teater akan lebih berkualitas. 

“Makanya saya bilang, pengunduran jadwal pelaksanaan ini positif. Artinya, bagi sekolah yang baru daftar, bisa lebih giat lagi untuk latihan, supaya nanti bisa tampil maksimal,” ujarnya.

Penangguhan pelaksanaan festival dan anugerah teater sekolah se-Sumsel, mendapat respon positif dari saah satu peserta. Sulaiman (19) salah satu personil Teater OSMA, Ma’had Al Fath Banyuasin menyatakan, pihaknya merasa lega karena ruang dan waktu latihan akan semakin pajang. 

BACA JUGA:Pentas Seni Meriahkan Pelantikan Dewan Kesenian Empat Lawang

BACA JUGA:Kadisdikbud Pagaralam Cholmin Haryadi Bantah Disdikbud Beli Tiga Unit Komputer Senilai Rp 1,2 Miliyar

“Bagus juga, jadi waktu latihannya tidak buru-buru. Alhamdulilah, kami bisa latihan lebih banyak lagi. Insya allah kami akan ikut bertanding di festival,” ujarnya, ketika ditemui di sela-sela latihan di Ma’had Al Fath Banyuasin, Sabtu, (12/2/2023). (rilis/Fortass)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: