Pemuda Temukan Cughop Baru, Dimana Lokasinya?

Pemuda Temukan Cughop Baru, Dimana Lokasinya?

CUGHOP: Pemuda sedang menikmati pemandangan Cughop Dua Tingkat.-FOTO: ANITA-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Salah satu sebutan untuk Kabupaten EMPAT LAWANG ialah negeri dengan seribu air terjun yang dalam bahasa EMPAT LAWANG disebut Cughop.

Salah satu desa penyumbang cughop terbanyak ialah Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan keterangan dari pemuda Desa Sawah, diperkirakan ada sekitar 23 Cughop yang ada di sana.

BACA JUGA:Lelah di Jalan Akan Hilang, Yuks Nikmati Keindahan Alam Cughop Embun

Kali ini, pemuda Desa Sawah menemukan Cughop baru yang mana Cughop tersebut diberi nama Cughop Dua Tingkat, berlokasi di Bukit Barisan, Desa Sawah. Dengan ketinggian berkisar lebih kurang 40 meter dan bertingkat.

Rapik Udin selaku Ketua Laskar Penjelajah Alam (LPA) Desa Sawah melalui Riki Abdiansyah selaku Wakil Ketua 1 menjelaskan Cughop Dua Tingkat merupakan Cughop keempat di aliran Sungai Semah yang baru-baru ini dijelajahi oleh tim LPA.

Cughop tersebut berada di tengah hutan dan masih sangat asri, untuk aksesnyapun belum ada bahkan harus melalui jalanan yang sangat ekstrim ketika sudah berdekatan dengan lokasi Cughop.

Untuk menuju lokasi Cughop ini dari Desa Sawah membutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan berjalan kaki dan masih satu arah dengan jalan menuju Cughop Sembilan Tingkat dan dan Cughop Dua Bersaudara dikarenakan masih satu aliran, serta jaraknya pun tidak terlalu berjauhan.

BACA JUGA:Cughop Renteng, Destinasi Wisata Alam di Talang Suban Kedubu

"Sampai sejauh ini belum banyak orang yang datang ke sana dikarenakan tempatnya yang tersembunyi dan akses yang kurang mendukung bahkan dari tim LPA saja hanya sebagian orang saja yang sudah pernah ke sana," kata Riki.

Adapun Dafa Firmasnsyah selaku angota LPA mengatakan dirinya bersama tim mengunjungi Cughop Dua Tingkat apabila sedang ada waktu luang.

"Sekaligus kami ke Cughop Dua Bersaudara atau dalam bahasa Empat Lawang Cughop Duo Begadeng," ucap Dafa.

Selanjutnya, Ferdy yang juga salah satu anggota LPA menambahkan Cughop Dua Tingkat masih sangat asri hingga suasasanya begitu tenang. Lelah ketika perjalanan akan terbayarkan dengan ketenangan jiwa yang didapat ketika memandangi Cughop. 

BACA JUGA:Cughop Rajo Ayek Bayau Semakin Diminati Pencinta Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: