Pemkab Empat Lawang Siagakan TRC 24 Jam

Pemkab Empat Lawang Siagakan TRC 24 Jam

PASUKAN ; Apel gelar pasukan siaga bencana tanah longsor dan banjir, Selasa (24/1/2023). Foto : Padri/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Bertempat di lapangan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, puluhan anggota yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD, Pol-PP, Damkar, Dinas Kesehatan, dan Dishub melaksanakan Apel siaga pasukan bencana banjir dan tanah longsor, Selasa (24/1/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad dan dihadiri Kajari Empat Lawang bersama perwakilan Dandim 0405 Lahat, dan Kapolres Empat Lawang.

Dalam sambutannya, H Joncik Muhammad menyampaikan pada bulan Januari 2023 ini dirinya mengajak semua warga di Empat Lawang, agar waspada dan siaga dalam memasuki cuaca ekstrim di wilayah Kabupaten Empat Lawang.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrim, Samapta Gandeng BPBD Patroli Gabungan

"Khususnya dimusim hujan belakangan, terjadi di berbagai daerah atau wilayah di Kabupaten yang kita cintai," ungkap Joncik.

Disampaikan Bupati, jika semua tahu bahwa hujan deras berpotensi terhadap bencana banjir dan longsor dan membawa banyak permasalahan, diantaranya banyak orang kehilangan rumah, kehilangan pekerjaan dan akses jalan terputus.

"Yang lebih parah, menyebarkan penyakit dan yang paling buruk adalah merenggut nyawa seseorang," sampai Joncik.

Memang sambung Joncik, semua orang tidak bisa menghindari bencana banjir dan longsor yang diakibatkan oleh bencana alam.

BACA JUGA:Waspada!!, BPBD ingatkan Masyarakat Empat Lawang

Meski begitu bukan berarti tidak dapat dicegah.

Penyebab banjir dan longsor yang sudah terjadi justru adalah karena aktivitas manusia itu sendiri.

Seperti sungai yang seharusnya mengalirkan air menjadi tersumbat oleh sampah, hutan penyerapan dan penyimpanan air hujan itu ditebang habis sehingga menjadi gundul.

"Kemudian, daerah pergunungan perbukitan dimana air, justru dibuat bangunan dan masih banyak lagi penyebab banjir yang disebabkan oleh aktivitas manusia," bebernya.

BACA JUGA:Peralihan Musim, BPBD Empat Lawang Minta Waspada Angin Kencang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: