John Heri : Cinta Alam Bermuara Pada Membimbing Anak Untuk Berpikir HOT Skills

John Heri : Cinta Alam Bermuara Pada Membimbing Anak Untuk Berpikir HOT Skills

Plt Kadisdikbud mendampingi SMPN 2 Sikap Dalam Jelajah alam, Sabtu (21/1).-Foto: Anita-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Tugas seorang tenaga pendidik tak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan ketika berada di dalam sekolah saja, namun di luar kelas sekalipun tenaga pendidik tetap punya tanggungjawab untuk mengawasi perkembangan murid-muridnya.

Tak hanya belajar ilmu umum yang ada di mata pelajaran saja, namun tenaga pendidik tugasnya lebih besar daripada itu.

Termasuk salah satu tugas dari tenaga pendidik adalah menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap alam sekitar. 

BACA JUGA:Bangkitkan Semangat Sekolah Pasca Covid-19, SDN 6 Muara Pinang Lakukan Ini

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dedoh Herawati selaku Kepala SMPN 2 Sikap Dalam yang melakukan agenda jelajah alam untuk guru dan siswa.

Dedoh mengarahkan guru dan siswanya jelajah alam ke Cughop Semanau, Desa Tanggarasa, Kecamatan Sikap Dalam, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan jelajah alam tersebut diikuti langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, John Heri.

Disdikbud memberikan penghargaan yang tinggi kepada SMPN 2 Sikap Dalam di bawah pimpinan ibu Dedoh Herawati dan guru pembimbingnya yang telah membimbing siswa/i untuk mengenal potensi alam yang bisa dijual sebagai salah satu destinasi wisata di Kecamatan Sikap Dalam.

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru, Laskar Penjelajah Alam Bersihkan TPU dan Objek Wisata

John Heri menuturkan ini sangat bijaksana karena mengenalkan kepada siswa untuk mencintai alam lingkungannya agar bisa mengambil kesimpulan keunggulan komparative di wilayahnya. 

Semua ini bermuara pada membimbing anak untuk berpikir HOT (Hight Order Thinking) Skills atau keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah tingkatan berpikir secara kognitif dari tingkat yang rendah ke tingkat yang tinggi pada Taksonomi Bloom.

Konsep HOT Skills meliputi konsep mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

"Ya, Disdik sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ibu Dedoh dan juga ibu Kiki dan rekannya selaku guru pembimbing kegiatan. Kami harapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh sekolah-sekolah lain," ucap John Heri. 

BACA JUGA:LPA Gelar Jelajah Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: