Soal Chiki Ngebul, Dinkes Pagaralam Sampaikan Imbauan

Soal Chiki Ngebul, Dinkes Pagaralam Sampaikan Imbauan

Chiky Ngebul : Penampakan makanan yang mengandung nitrogen cair (Chiky ngebul). Foto : Net.--

PAGARALAM,
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengeluarkan Surat Edaran, terkait makanan berasap yang mengandung nitrogen cair (chiki ngebul).

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Pagaralam, Desi Elviani mengimbau kepada para orang tua agar lebih diperhatikan lagi masalah makanan kepada anak.

Menurut Desi Elviani, para orang tua perlu meningkatkan kepedulian terkait apa saja yang dikonsumsi anak di luar rumah dan mengedukasi anak-anak untuk jajanan yang sehat, diolah dengan benar dan higienis.

BACA JUGA:Cuaca tak Menentu, Dinkes Ingatkan Ancaman Kesehatan

BACA JUGA:Dinkes Empat Lawang Imbau Warga Waspada Cacar Monyet

Di Kota Pagaralam sendiri, kata dia, belum ada kasus anak yang keracunan makanan chiky ngebul tersebut. Karenannya, dia mengimbau para orang tua untuk tetap menerapkan makanan pola hidup sehat dengan tidak asal memberi makanan kepada anak-anak.

"Alhamdulillah untuk di Kota Pagaralam belum ada kasus yang dimaksud. Semoga orang tua tetap menerapkan makanan pola hidup sehat dengan tidak asal memberi makanan kepada anak-anak," harap Desi Elviani yang dia sampaikan kepada wartawan, Selasa (10/1/2023).

Adapun ciri-ciri yang dialami jika terjadi keracunan setelah mengonsumsi chiky ngebul tersebut, Desi memaparkan di antaranya mual-mual hingga muntah.

BACA JUGA:Kolaborasi PN dan Dinkes, Cegah Perkawinan Anak di Usia Dini

BACA JUGA:Diduga Oknum Pegawai Dinkes Pagaralam Terlibat Penyalahgunaan Narkoba

"Biasanya jajanan seperti ini hanya dapat ditemui pada saat berada di pasar malam," ungkapnya.

(rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: