Kunjungan Wisman ke Kota Pagaralam Masih Rendah, Ini Penyebabnya

Kunjungan Wisman ke Kota Pagaralam Masih Rendah, Ini Penyebabnya

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, Muhammad Brilian Aristofani. Foto : Reri Alfian/REL--

PAGARALAM,
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jumlah wisatawan manca negara (wisman) ke Kota Pagaraalam, masih cukup minim. Bahkan, belum ada tren kenaikan terhadap jumlah kunjungan wisman itu ke Kota Pagaralam.

Beberapa faktor penyebabnya, kemungkinan besar masalah akses. Seperti belum tersedianya akses penerbangan dari Jakarta langsung ke Koa Pagaralam, atau dari arah sebaliknya.

"Untuk wisman ke Pagaralam itu ada, tetapi jumlahnya tidak begitu signifikan," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, Muhammad Brilian Aristofani.

BACA JUGA : Agar Wisatawan Tidak Tersesat, Dispar Pagaralam Pasang Tourism Map 

Keberadaan kunjungan wisman ke Kota Pagaralam, kata Muhammad Brilian Aristofani dapat dipantau melalui penginapan yang ada di Kota Pagaralam.

"Ini bisa kita pantau melalui penginapan di Kota Pagaralam dan sebenarnya, wisman ini kebanyakan itu menginap di home stay,” terangnya.

Kebetulan sambung dia, antara Dinas Pariwisata Kota Pagaralam dan pengelola Home Stay, memiliki hubungan baik, sehingga ketika ada wiisman, pengelola Home Stay kerap memberikan laporan.

BACA JUGA : 4 Lokasi Wisata yang Terletak di Kabupaten Empat Lawang, Ada Lokasi yang Cocok Dikunjung Para Jomblo 

"Tapi, sekali lagi jumlahnya tidak begitu signifikan. Rata-rata berada dikisaran 100," ujarnya.

Mengenai destinasi wisata menarik, yang menjadi kunjungan wisman itu, sambung Brilian, lebih tertarik kepada objek wisata sejarah, kebudayaan atau desa adat.

"Saya berharap, mungkin nanti adanya penerbangan langsung dari Jakarta ke Pagaralam, (itu) dapat lebih bisa memancing wisman datang ke Pagaralam," imbuhnya.

(rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: