4 Lokasi Wisata yang Terletak di Kabupaten Empat Lawang, Ada Lokasi yang Cocok Dikunjung Para Jomblo

4 Lokasi Wisata yang Terletak di Kabupaten Empat Lawang, Ada Lokasi yang Cocok Dikunjung Para Jomblo

AIR TERJUN : Air Terjun Degian yang terletak di perkebunan kopi warga, di wilayah Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang. Fot : Dok/REL. --

EMPAT LAWANG,
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID
- Meski bukan termasuk sebagai daerah destinasi wisata yang terkenal, Kabupaten Empat Lawang ternyata menyimpan potensi destinasi wisata yang menarik dan unik. Tentu saja layak dikunjungi.


Di berbagai tempat di sejumlah kecamatan dalam wilayah kabupaten ini, ada beberapa destinasi wisata yang memang belum terlalu banyak diketahui. Destinasi wisata tersebut  cukup menarik untuk dikunjungi walau terbilang belum terlalu ramai pengunjung.

Berikut ini  beberapa lokasi wisata yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

1. Air Terjun Degian

Terletak di perkebunan kopi warga, di wilayah Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang.

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Degian, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua, dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Uniknya air yang mengalir pada air terjun ini merupakan air belerang yang berasal dari kaki Gunung Dempo. d
Dimana airnya terasa pahit asam dan sedikit perih di mata.

Tidak hanya air terjun di lokasi ini pengunjung juga bisa menikmati hijaunya bentangan Bukit Barisan dan perkebunan kopi warga.

2. Bendungan Bawa Selbang

Walau bukan lokasi wisata resmi dan hanya sesekali saja dikunjungi oleh warga, bendungan yang terletak di Desa Lesung Batu, Kecamatan Lintang Kanan ini sempat viral dan ramai dikunjungi oleh warga.

Di bendungan ini pengunjung bisa menikmati jernih dan dinginya Sungai Lintang yang mengalir langsung dari hutan, dan selain itu lokasi ini udara begitu sejuk juga dikelilingi persawahan dan perkebunan jagung warga.

3. Pemandian Puyang Putri

Terletak di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Pemandian Puyang Putri atau warga sekitar menyebutnya Ayek Berubok merupakan lokasi yang biasa dijadikan warga sebagai tempat mandi dan mencuci.

Uniknya, tempat ini memiliki air sebening kaca, dimana ikan dan bebatuan yang ada di dasar air ini bisa terlihat sangat jelas.

Selain itu pada saat musim kemarau panjang, Pemandian Puyang Putri tak pernah kering.

Warga sekitar percaya jika lokasi ini merupakan tempat mandi dari istri legenda Serunting Sakti atau Si Pahit Lidah.

4. Taman Jodoh

Juga disebut sebagai Ayek Lintang Jeramba Kawat. Walau hanya ramai pada momen Idul Fitri dan Idul Adha, Taman Jodoh menawarkan keasrian di taman rerumputan hijau yang dipertemukan dengan kencangnya aliran sungai.

Taman ini terletak persis di bantaran Sungai Lintang Desa Gunung Meraksa Lama, Kecamatan Pendopo.

Walau jarang dikunjungi pada hari-hari biasa, menenangkan diri di Taman Jodoh atau mengajak keluarga piknik di lokasi ini bisa menjadi kegiatan mengisi libur yang menarik.

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk bisa masuk ke sini akan tetapi akses jalannya masih berupa jalan tanah.

(dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: