Joncik ‘Ngajar’ Geografi Dasar di UGM, Kok Bisa?

Joncik ‘Ngajar’ Geografi Dasar di UGM, Kok Bisa?

--

YOGYAKARTA,
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menghadiri Reuni 33 tahun alumni Fakultas Geografi angkatan 90 Universitas Gadjah Mada (UGM) di Jogjakarta, Sabtu (7/1/2023).

Reuni ini memilih tema “Jogja Homecoming”, yang artinya Mudik Kembali ke Jogja.

Pada reuni kali ini diharapkan akan menjadi pengingat dan pengikat rasa semakin kuat dan erat setelah 33 tahun menjalani kebersamaan.

Sejak kuliah di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada tahun 1990, dan kembali bertemu di reuni 2023.

Acara reuni berlangsung seharian, mulai dari pagi hingga malam hari, mengambil lokasi mulai dari Fakultas Geografi, Balairung Gedung Pusat UGM, Malioboro, dan berakhir di Dalem Yudonegaran.

Menurut panitia penanggungjawab acara, Danang Wahyu Djatmika, reuni tahun ini sengaja dikemas secara apik, unik dan menarik.

Setelah acara ramah tamah bersama Civitas Akademi Fakultas Geografi yang akan diterima langsung oleh Dekan Fakultas Geografi UGM, Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Sc.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Kuliah geografi dasar, dimana tiga orang alumni terpilih memaparkan hubungan Pendidikan geografi dengan pekerjaannya saat ini.

Joncik salah satu peserta yang ditunjuk tersebut. Setelahh kelas berakhir para peserta melakukan perjalanan siang bersama mengenang sepanjang jalan, menyusuri sumbu filosofi Jogja.

Perjalanan ini mengambil rute mulai dari Gedung Pusat kampus UGM melalui Tugu Jogja, jalan Mangkubumi (Margo Utomo) dengan konvoi menggunakan sarana transportasi tradisional khas Jogja.

Setidaknya 15 unit andong (kereta berkuda) menuju Kepatihan (Kantor Gubernur DIY) yang berada di tengah jantung kota Jogja, di jalan Malioboro.

Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki bersama menikmati suasana sore di sepanjang Malioboro, melewati Titik Nol Jogja, Alun-Alun Utara hingga berakhir di nDalem Yudonegaran yang berada di jalan Ibu Ruswo.

Pada malam harinya digelar puncak acara reuni bertempat di Dalem Yudonegaran, bangunan dengan arsitektur khas yang merupakan tempat tinggal Pangeran dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Acara tersebut akan dihadiri oleh Drs GBPH H Yudaningrat, MM (Putra Sri Sultan Hamengku Buwono IX) sebagai tuan rumah.

Selain itu puncak acara reuni juga akan dihadiri oleh para dosen yang pernah mengajar dan mendidik para alumni ketika masih menjadi mahasiswa dulu.

Tentu ini akan membawa suasana reuni dipenuhi dengan berbagai kisah cerita serta kenangan semasa kuliah serasa kini dihadirkan kembali.

Menariknya lagi ada nuansa berbeda pada saat malam puncak acara reuni yaitu diwarnai oleh para alumni yang mengenakan busana adat daerah masing-masing.

ini dimaksudkan sebagai simbol bahwa Jogja adalah miniatur Indonesia, Pemersatu dan Perekat Bangsa, Bhineka Tunggal Ika.

Dalam Hal ini Bupati Empat Lawang mengenakan penutup kepala tajak bewarna biru khas Empat Lawang.

Masih ada lagi yang akan menjadi daya tarik tersendiri di malam puncak acara reuni nanti adalah dengan disajikannya aneka makanan kuliner khas Jogja sebagai “tombo kangen” "pengobat rindu", antara lain Sate Pak Pong dengan menu Sate Klathak, Gule, Tongseng, Tengkleng, Bakmi Jawa Kadin, Bakso Telor Surungan Kartika.

Gerobak Angkringan lengkap dengan berbagai menu makanan dan minuman tradisional khas nya, serta aneka jajanan pasar jogja.

Setelah pada pagi dan siang harinya bersama menikmati makanan legendaris Ayam Ninit dan Monalisa Burger.

Selain itu semua pilihan menu reuni merupakan produk kulinerJogja, yang sengaja dipilih sebagai bentuk kepedulian kepada para pelaku UKM Jogja khususnya bidang kuliner.

Puncak Acara Reuni akan dipandu oleh MC profesional “Gerr khas Djogja” Ogie & Dhanu yang siap membuat acara reuni menjadi terasa hangat dan akrab, dan akan bertambah meriah dengan sajian hiburan musik serta penyanyi pimpinan “MasTono & friends” mengenang lagu lagu era 90 an hingga musik pop juga “koplo kekinian”.

Para alumni nantinya juga akan diberikan kesempatan untuk ikut menyanyi bahkan menari. “Reuni kali akan dihadiri lebih dari setengah jumlah alumni yang kini sudah tersebar di hampir seluruh pelosok negeri, dan akan menjadi reuni paling mengesankan serta meriah, sebagai ajang melepas rindu mempererat silaturahmi”, tukas Zuhri Abdi, ketua angkatan GEO’90 yang kondang di panggil teman teman seangkatan dengan sebutan “Pak Kepala Suku Geografi’90”.

Sementara itu Salah satu alumni, H Joncik yang saat ini menjabat bupati Empat Lawang, Sumsel mengungkapkan kebanggaannya menjadi mahasiswa geografi.

“Di Goegrafi kita diajarkan untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang, sehingga menghasilkan sebuah rumusan yang komprehensif, hal ini sangat baik jika diterapkan seluruh bidang tugas, termasuk pengalaman saya di politik, berkat ilmu geografi saya bisa memetakan apa yang dibutuhkan masyarakat, apa kendalanya, apa alternatif kebijakan dan apa program yang tepat untuk menyelesaikan," kat Ketua Kagama Sumsel ini.

BACA JUGA : Joncik Lantik Kepengurusan IKPM Empat Lawang dan Silaturahmi IKL 4L Yogyakarta 

Bagi para alumni yang belum berkesempatan datang ke Jogja, panitia akan memfasiltasi dengan menyiapkan media zoom dan live streaming agar meski tak datang tetap bisa hadir dalam kebersamaan, kemeriahan dan kehangatan reuni. (rilis)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: