4 Manfaat Timun, Nomor 2 Banyak Disukai Wanita

4 Manfaat Timun, Nomor 2 Banyak Disukai Wanita

ILUSTRASI --

EMPAT LAWANG,
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Timun yang dalam bahasa ilmiah disebut sebagai Cucumis sativus yang termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae) memiliki ciri-ciri umum seperti yang dimiliki oleh tanaman anggota keluarga labu-labuan lainnya seperti melon (Cucumis melo).

Di Kabupaten Empat Lawang sendiri timun bernama lepang, itu lah nama  sebutan timun sehari-hari oleh Masyarakat Empat Lawang.

BACA JUGA : Bermanfaat untuk Mengurangi Jerawat, Cara Membuat Masker Wajah dari Buah Naga

Timun bisa dijadikan sebagai bahan masakan ataupun lalapan. seperti masakan acar timun yang sebagian banyak masyarakat menyukai itu

Tapi sudah belum anda ketahui. Bahwa buah timun berdasarkan beberapa referensi mengandung 96 persen air. Rendah kalori dan rendah lemak. Oleh karena itu timun dikenal banyak manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan.

BACA JUGA : 5 Manfaat Kulit Lidah Buaya Untuk Kecantikan 

Untuk kecantikan, timun dipercaya bisa menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam dibawa mata. Caranya cukup iris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada bagian mata yang tertutup. Biarkan selama sekitar 15 menit.

Bila hal ini rutin dilakukan, maka ucapkan selamat tinggal pada mata panda.

Selain manfaat yang sudah kita ketahui diatas, masih banyak loh manfaat lain dari timun untuk kesehatan dan kecantikan. Seperti yang sudah dilansir  Halodoc.com, berikut manfaat lain dari timun untuk kecantikan dan kesehatan wanita yang harus kita ketahui :

1. Timun untuk mengontrol tekanan darah
Mentimun dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Mentimun tinggi elektrolit kalium yang dapat mengurangi retensi air yang diinduksi natrium dan dengan demikian menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA : 7 Manfaat yang Terkandung Dalam Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

2. Timu untuk mencerahkan wajah
Menggunakan masker mentimun dapat membantu mencerahkan wajah karena mentimun mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, folat, dan antiradang yang dapat mengurangi bengkak serta iritasi pada kulit.

3. Timun untuk menjaga kesehatan pencernaan
Serat pada timun dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan keteraturan buang air besar. Pada akhirnya, usus yang sehat dan BAB yang teratur akan berdampak pada kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

BACA JUGA : Jeruk Kunci Dikenal Memiliki Manfaat Bagi Tubuh, Ini Tiga Manfaat Jeruk Kunci Bagi Kesehatan
4. Timun untuk mengontrol gula darah
Gula darah tinggi dapat membantu menciptakan terlalu banyak zat perusak sel yang dikenal sebagai ROS (Reactive Oxygen Species). Mengonsumsi timun dapat menurunkan produksi ROS dalam tubuh.

Itulah 4 manfaat buah timun untuk kesehatan dan kecantikan wanita. Selamat mencoba. (Pad).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: