Cara Warga Pedesaan Merayakan Malam Pergantian Tahun Baru

Cara Warga Pedesaan Merayakan Malam Pergantian Tahun Baru

SIAP : Sejumlah perempuan di pedesaan, bersam-sama menyiapkan menu makanan yang disiapkan pada malam pergantian tahun baru, Sabtu (31/12/2022). Foto : Andika/REL.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Berbagai cara dilakukan masyarakat di Indonesia dalam merayakan malam pergantian tahun baru. 

Tidak hanya di wilayah perkotaan, warga yang berada di wilayah pedesaan pun juga merayakannya.

Bagi warga yang berdomisili di perkotaan, tidaklah sulit mencari tempat hiburan untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Berbeda dengan warga yang ada di pedesaan.

BACA JUGA : Berikut Rincian Personel Polres Empat Lawang yang Naik Pangkat di Penghujung Tahun 

Meski demikian, warga yang ada di pedesaan punya cara sendiri untuk menanti detik-detik pergantian tahun.

Seperti yang dilakukan warga di Desa Tanjungkupang Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel). 

Mereka merayakan malam pergantian tahun, dengan menyalakan api unggun, bakar ayam dan jagung di depan rumah secara berkelompok, Sabtu (31/12/2022).

BACA JUGA : Begini Kondisi Arus Lalulintas di Empat Lawang pada H-4 Pergantian Tahun 

Tidak hanya itu, mereka menyetel musik dengan suara kuat dengan sound system seadanya. Sembari berkaraoke bersama, bakar-bakar dan menyiapkan menu makanan yang akan disantap nantinya.

Seperti pada umumnya masyarakat pedesaan, persiapan dalam menyambut malam pergantian tahun, dilakukan dengan bergotong-royong, saling bantu-membantu.

Menu yang akan disajikan, dikerjakan bersama-sama, dimasak dan dibakar bersama-sama dan setelah siap,  lalu disajikan bersama-sama pula. 

Tidak lupa, sebelum dimakan bersama-sama, mereka juga berdo'a bersama-sama yang dipimpin ketua kelompok.

Inilah salah satu bentuk kebersamaan penduduk desa dalam menyambut tahun baru. Bagaimana di tempat anda?!!.

(dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: