Ini Skema Pengamanan Nataru yang Dilakukan Polres Pagaralam

Ini Skema Pengamanan Nataru yang Dilakukan Polres Pagaralam

RAKOR : Kapolres didampingi Walikota Pagaralam saat menghadiri Rakor lintas sektoral PAM Nataru di ruang Vicon, Senin (19/12).--

PAGARALAM, RAKYATEMPATLAWANG.COM – Memantapkan persiapan pengamanan libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, Polres Pagaralam kembali mrlakukan rapat koordinasi lintas sektoral.

Bertempat di ruang Vicon, Mapolres Pagaralam, Senin (19/12), rakor lintas sektoral dipimpin Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsonk SIK dan turut dihadiri Walikota Pagaralam Alpian Maskoni. Beserta jajaran PJU Polres Pagaralam, TNI dan kepala Satker terkait diantaranya Dinas PUPR,  BPBD, Basarnas, Sat Polpp, Dinkes, Dishub, Pos Pemantau GAD.

Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsoni mengatakan, rakormintas sektoral ini untuk memantapkan kesiapan PAM Nataru yang melibatkan sejumlah OPD dilingkup Pemerintah Kota Pagaralam.

“Sebelunnya kita sudah mendengarkan arahan dari Mabes Polri dan sejumlah kementrian terkait apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan,” kata Kapolres.

Ditambahkan, Kabag Ops AKP Herry Widodo, untuk PAM Nataru pihaknya sudah menyiapkan skema pengamanan. “Baik itu kekuatan personel serta pendirian sejumlah pos pengamanan,” katanya.

Untuk Polres Pagaralamnakan mengerahkan kekuatan penuh, atau peling tidak 2/3 kekuatan personel dikerahkan. “Untuk pengamananya, direncanakan akan didirikan 4 pos PAM, 3 Pos Yan, ditambah satu Pos Pantau. Pos dimaksud akan didirikan disejumlah titik strategis,” imbuh AKP Herry Widodo.

Semisal, Empat Pos PAM dimaksud di Simpang Tiga Tegur Wangi, Simpang Tanjung Aro, Simpang Manak, dan Krinjing. Pos Yan, di Pasar Dempo Permai, Gunung Dempo misalnya, termasuk Pos Pantau di Simpsng Tugu Jeep, Pagar Jaya.

Fungsinya, untuk memantau kondisi mobilitas yang masuk ke Pagaralam atau masyarakat yang melakukan aktifitas liburan dan berwisata.

“Kita juga fokus melakukan pemetaan wilayah baik itu rawan kejahatan, macet, bencana (longsor) dan lakalantas,” beber AKP Herry Widodo.

Sementara Walikota Pagaralam Alpian Maskoni berpesan, hendaknya pelaksanaan tugas PAM Nataru ini dilakukan dengan saling koordinasi. 

“Laksanakan tanggung jawab sesuai dengan tufoksi masing masing. Diharapkan nantinya, apa yang kita laksanakan bisa memberikan keyamanan bagi masyarakat Pagaralam yang melakukan perayaan Natal dan wisatawan,” pungkas Alpian. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: