2023, Semua Sekolah di Empat Lawang Terapkan Kurikulum Merdeka

2023, Semua Sekolah di Empat Lawang Terapkan Kurikulum Merdeka

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang, Rabu (14/12). FOTO : DOK/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Semua sekolah dari jenjang TK/PAUD, SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat di Kabupaten Empat Lawang akan menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun 2023 mendatang.

Hal ini dikatakan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, John Heri melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP, Johnson, Rabu (14/12).

Saat ini diketahui Kurikulum Merdeka baru dilaksanakan oleh Sekolah Penggerak di Kabupaten Empat Lawang. Sementara untuk jenjang TK/PAUD ada 3 sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka yakni TK/PAUD Aries dari Kecamatan Tebing Tinggi, TK/PAUD Ta'am Uswatun Hasanah dari Kecamatan Talang Padang, dan TK/PAUD Nurul Iman dari Kecamatan Muara Pinang.

Sedangkan untuk SD ada 9 sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka yakni SD yang menjadi Sekolah Penggerak, SD N 5 Tebing Tinggi, SD N 3 Talang Padang, SD N 5 Pendopo, SD N 10 Pendopo, SD N 14 Pendopo, SD N 18 Pendopo, SD N 9 Pendopo Barat, SD N 5 Lintang Kanan, SD N 4 Muara Pinang.

Sementara itu ada 3 SMP yang menerapkan Kurikulum Merdeka yakni yakni SMP N 3 Lintang Kanan, SMP N 2 Pasemah Air Keruh (Paiker), dan SMP N 6 Tebing Tinggi.

"Tahun depan semua sekolah inshaa Allah siap menerapkan Kurikulum Merdeka," kata Johnson.

Setiap guru harus memiliki akun Belajar.id agar bisa mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Dijelaskannya PMM merupakan platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi Pendidik dan Kepala Sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

"Saat ini ada 5 unsur yang ada di dalam PMM yakni video inspirasi, pelatihan mandiri, bukti karya saya, asesment murid, dan perangkat ajar," jelasnya.

Senada dengan itu, Kabid TK/PAUD Disdikbud Empat Lawang, Selvie Anggraeni juga mengutarakan, bahwasannya tahun depan seluruh TK/PAUD di Empat Lawang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka bahkan seluruh guru TK/PAUD sudah beramai ramai membuat akun Belajar.id.

"Himbauannya bagi yang belum buat akun Belajar.id silakan buat agar tahun depan bisa menerapkan Kurikulum Merdeka," himbau Selvie. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: