Jangan Sampai Terlalu Banyak Transit Penanganan

Jangan Sampai Terlalu Banyak Transit Penanganan

SOSIALISASI : Kegiatan koordinasi P4K dan sosialisasi pembentukan Forum KIA di Puskesmas Tebing Tinggi, Senin (28/11). FOTO : ANDIKA/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, menggelar forum pertemuan koordinasi Program Perencanaan Persalinan dan Penanganan Komplikasi (P4K) dan pembentukan Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

 

Kepala UPTD Puskesmas Tebing Tinggi, Rafiko Karomah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian anak.

 

P4K merupakan salah satu upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan, pertolongan, persalinan, pencegahan komplikasi dan keluarga berencana oleh bidan.

 

Dia menyebut, kedepan jangan sampai ada ibu yang melahirkan terlambat tertolong, karena ketidak mengertian baik itu yang bersangkutan maupun orang-orang terdekatnya. Sebab, banyak terjadi, ibu yang melahirkan meninggal karena penanganannya terlalu banyak transit.

 

"Yang meninggal melahirkan itu sudah banyak transit, dari dukun baru ke petugas kesehatan, ke rumah sakit maupun ke Puskesmas," ungkap Rafiko Karomah.

 

Masih dikatakannya, di setiap desa harus dubentuk Forum Peduli KIA. Oleh karena itulah, saat ini pihaknya ingin membentuk forum yang dimaksut.

 

"Untuk di Kecamatan Tebihg Tinggi  belum ada Forum KIA, maka dari itu hari ini baru kita sosialisasikan untuk pembentukannya," tandasnya. (dik)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: