8 Potensi Wisata di Empat Lawang yang Wajib Dikunjungi

8 Potensi Wisata di Empat Lawang yang Wajib Dikunjungi

Tugu Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Kabupaten Empat Lawang salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

Ada banyak potensi wisata yang wajib dikunjungi jika kalian berkunjung ke Empat Lawang.

Berikut Mimin kasih rekomendasi buat kalian ya gaes :

1. Cughop Deghian

Cughop Ayek Degian ini berada di daerah perkebunan kopi di kaki Gunung Dempo di Talang Kelob, Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Selain itu pengunjung juga akan disuguhi rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara khas hutan hujan tropis, perkebunan sayur mayur yang tertata rapi dan luasnya perkebunan kopi robusta yang merupakan komoditas utama masyarakat Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Jarak tempuh menuju lokasi Cughop Degian terbilang mudah karena bisa menggunakan motor khusus ke kebun atau motor gerandong. Untuk Jarak tempuh dari Desa Sawah (Jalan lintas Kepahiang-Pagar Alam) ke lokasi Air Terjun Durian, membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Dari Desa Sawah pengunjung bisa memarkir kendaraan roda empat atau bus di Talang (Dusun,red) Kelop dan bisa memarkir kendaraan roda dua di dekat lokasi Air Terjun.

Nah Cughop ini, sangat cocok dijelajahi oleh kalian yang masih penjelajah pemula ya gaes.

2. The King of Bayau

Cughop Rajo Ayek Bayau merupakan salah satu Cughop (Air terjun) tertinggi di Sumatera Selatan. Terletak di Talang Man Proyek, Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang.

Untuk ke lokasi Cughop, perjalanan ditempuh kurang lebih 30 menit dari Desa Sawah menggunakan mobil off road, motor trail atau jasa motor gerandong (motor yang biasa dipakai masyarakat setempat untuk pergi ke kebun). kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1 jam dari perkampungan penduduk (Talang Proyek/Talang Sarang Bulan), melewati arus deras aliran Sungai (Ayek) Bayau, beberapa air terjun kecil yang eksotis dan hamparan perkebunan kopi yang notabene merupakan salah satu hasil bumi dari Kabupaten Empat Lawang.

Diukur dari aplikasi altimeter, Cughop yang berada di lembah kaki Gunung Dempo ini lokasinya mencapai 1000 MDPL sementara untuk ketinggian dari Cughop Rajo Ayek Bayau sekitar 70 meter.

Cughop Rajo Ayek Bayau terletak di kaki Gunung Dempo sehingga kawasan di sekitar cughop ini masih sangat sejuk, asri nan alami bahkan apabila pengunjung menghembuskan nafas dari mulut, maka hawa berembun dari mulut akan tercipta.

Keunikan yang membuat cughop ini istimewa adalah kandungan belerang yang terkandung di dalam aliran Sungai (Ayek) Bayau yang masih terasa sangat kuat, bersumber langsung dari lembah Gunung Dempo dan merupakan salah satu Cughop langka berair belerang dari Sumatera Selatan.

3. Pemandian Puyang Putri

Pemandian Puyang Putri ini ada di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang. Bentuknya seperti kolam namun ini bukan kolam buatan ya gaes. Melainkan pemandian yang tercipta secara alami dari alam. Adapun Keunikan lain yang dimiliki oleh Pemandian Puyang Putri  ini adalah air yang terus mengalir dari dalam tanah dan tidak pernah mengering walaupun dalam keadaan musim kemarau.

Sumber mata air yang ada di Pemandian Puyang Putri ini dikenal oleh masyarakat Desa Sawah dengan sebutan Ulo Tulong.

Mitosnya kalau kalian para jomblo mandi di Pemandian Puyang Putri, maka akan mendapatkan jodoh orang sana. Tapi ini hanya mitos ya gaes, banyak kok yang sudah mandi di Pemandian Puyang Putri tapi sampai sekarang masih aja jomblo (Canda gaes).

4. Negeri di Atas Awan atau Bukit Reban Kucing

Bukit Reban Kucing atau dikenal dengan Negeri di Atas Awan lokasinya di Dusun Pulau Tengah, Desa Bandar Agung, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang.

Baru-baru ini keberadaan Bukit Reban Kucing banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Kecamatan Paiker ataupun wisatawan dari Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Para pengunjung beramai-ramai meng-upload ke medsos pemandangan alam yang terlihat dari puncak Bukit Reban Kucing sehingga keberadaan Bukit tersebut dilihat oleh banyak orang di jagat maya.

Dari puncak Bukit Reban Kucing, akan terlihat pemandangan awan indah seolah membuat pengunjung sedang berada di atas awan. Sebab itulah, para pengunjung dan masyarakat sekitar menamakan Bukit Reban Kucing sebagai Negeri di Atas Awan, salah satu syurga tersembunyi di Kabupaten Empat Lawang.

5. Cughop 9 Tingkat

Cughop 9 Tingkat ini lokasinya di Desa Ulak Dabuk, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang.

Cughop ini juga sangat recommended bagi kalian para penjelajah pemula karena untuk menuju ke lokasi terbilang mudah. Pengunjung bisa menggunakan motor atau mobil untuk bisa sampai ke lokasi. Nanti akan disediakan tempat parkir kendaraan yang dijaga oleh warga sekitar. Jadi, nggak usah takut kendaraan hilang ya gaes. Untuk waktu yang diperlukan yakni sekitar 10 menit menggunakan kendaraan.

Dinamakan Cughop 9 Tingkat karena Cughop ini memiliki 9 tingkat aliran. Cughopnya tidak terlalu tinggi, bahkan masing-masing tingkatan bisa dinaiki dalam waktu yang berdekatan.

6. Taman Wisata Bunga Buaksi

Letaknya persis di pinggir jalan Poros Tebing Tinggi - Pendopo, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Taman wisata Bunga Buaksi ini sangat cocok untuk kalian yang ingin berlibur bersama orang tersayang.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan aneka jenis bunga, juga spot-spor menarik untuk berfoto. Selain koleksi bunga yang banyak, di Taman Buaksi juga ada pondok untuk berteduh dan bisa memesan makanan juga loh.

Untuk masuk taman ini akan dikenakan biaya Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak.

7. Pantai Terusan

Pantai Terusan ini letaknya di Desa Terusan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Pantai di sini bukan pantai laut ya gaes karena di Empat Lawang tidak ada laut, melainkan pantai dari Sungai Musi. Kenapa disebut Pantai Terusan? Karena di pinggiran Sungai Musi ada banyak pasir yang membuatnya seolah seperti pasir pantai.

Pantai Terusan sering menjadi salah satu objek wisata yang dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun dari luar daerah. Ada spot untuk berfoto juga loh.

Kalian bisa menggunakan motor atau mobil untuk menuju ke Pantai Terusan. Lokasinya sekitar 10 menit dari Rumah Dinas Bupati Empat Lawang.

8. Tugu Empat Lawang

Tugu Empat Lawang terletak di depan Rumah Dinas Bupati Empat Lawang. Tepatnya di tengah kota dan dekat jalan lintas tengah Sumatera (Jalintengsum). Tugu ini menjadi ikon utama Kabupaten Empat Lawang.

Di sekitaran Tugu Empat Lawang terdapat taman bunga dan tempat duduk yang dibangun dari semen. Ada juga pondok kecil yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak. Dari atas pondok, kalian bisa menikmati pemandangan struktur bangunan dua jembatan yakni jembatan Kereta Api, dan jembatan mobil motor yang di bawahnya ada Sungai Musi, dan jika beruntung kalian bisa menikmati pemandangan indahnya sunset tenggelam.

Tugu Empat Lawang ini kerap dijadikan objek untuk berfoto bagi masyarakat Empat Lawang maupun di luar daerah Empat Lawang. Ada kalimat yang sering diucapkan oleh warga sekitar, katanya belum ke Empat Lawang kalau belum berfoto di depan Tugu Empat Lawang.

Okey, sekian dulu untuk informasinya. Tetap baca terus Rakyatempatlawang.com dan koran Rakyat Empat Lawang (REL) untuk memperoleh informasi lainnya. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: