Ajak Masyarakat Tanam Sayuran Hidroponik

Ajak Masyarakat Tanam Sayuran Hidroponik

LIHAT : Sekda Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin memperlihatkan tanaman hidropinik dan budidaya ikan dalam ember, kemarin. Foto : Istimewa.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak terpakai Sekda Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin melakukan terobosan dengan menanam tanaman hidroponik. Tanaman Hidroponik menggunakan sarana ember dibudidayakan di rumah jabatan Sekda.

Uniknya, didalam ember yang telah diisi air tersebut tak hanya tanaman hidroponik, namun sekda Kabupaten Empat Lawang juga memelihara 50 ekor ikan berbagai jenis.

”Untuk saat ini ada beberapa jenis tanaman yang kita budidayakan yaitu kangkung, bayam, sayur sawi. Proses menanamnya juga mudah, dengan media arang yang diberi tisu lalu bibit tanaman diletakan pada ember yang sudah kita bolongi,” jelas Fauzan.

Menurut Fauzan, untuk di dalam ember dipelihara 50 ekor ikan, bisa ikan lele dan ikan patin sehingga ikan-ikan tersebut mendapatkan makanan dari sari-sari tanaman diatasnya,

"Ikan tetap diberikan makanan tambahan agar kembang biaknya juga lebih cepat. Harapan saya nantinya masyarakat Empat Lawang jika ke pasar hanya membeli garam dan minyak karena kebutuhan lauk pauk telah dibudidayakan sendiri dimasing-masing rumah,” ucap Sekda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: