Tegas!!, Disdikbud Kecam Aksi Perundungan di Sekolah

Tegas!!, Disdikbud Kecam Aksi Perundungan di Sekolah

Jhon Heri, Kepala Disdikbud Empat Lawang--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, secara tegas mengecam aksi perundungan (Bullying) yang diduga dilakukan sejumlah siswa kepada siswa lain, seperti yang terungkap dalam video viral yang tersebar melalui jejaring sosial, Kamis (8/9).

Karena itu, mengetahui adanya informasi perundungan yang dimaksut, Disdikbud Kabupaten Empat Lawang, langsung melakukan tindakan cepat memanggil kepala sekolah, waka kesiswaan, serta wali kelas pada sekolah yang dimaksut dalam video viral yang terlanjur tersebar di dunia maya itu, untuk menggelar rapat bersama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Empat Lawang, Jhon Heri mengaku telah mengetahui adanya video viral tersebut.

Pihak Disdik kata dia, langsung mengambil tindakan dengan cara memanggil kepala sekolah, waka kesiswaan, serta wali kelas pada sekolah yang dimaksut, untuk menggelar rapat bersama membahas viralnya video itu.

Hasil dari rapat yang dilakukan, maka dari pihak sekolah dan dari Disdikbud dengan tegas mengeluarkan 2 orang siswa yang diduga menjadi provokator dan pelaku utama dalam kasus penganiayaan di dalam video tersebut. 

Diketahui bahwa peristiwa penganiayaan itu terjadi di luar jam sekolah sekitar jam 13.00 WIB.

"Ya, kita berikan sanksi tegas bahwa 2 orang siswa ini dikeluarkan dari sekolah dan juga tidak bisa diterima di sekolahan manapun yang ada di Empat Lawang," kata Jhon Heri. 

Namun demikian pihaknya tetap memikirkan masa depan pelaku. Kalau pelaku mau minta surat rekomendasi untuk pindah sekolah ke daerah lain tetap dilayani, atau pelaku mau mengambil sekolah kesetaraan/paket juga bisa kita berikan surat rekomendasi. 

"Mereka masih remaja, tetap kita berikan kesempatan untuk bersekolah di tempat lain, siapa tahu dengan diberikannya sanksi tegas ini mereka bisa berubah menjadi lebih baik di tempat lain," jelas John Heri.

Sementara untuk korban, lanjut John Heri, dirinya sudah memanggil wali siswa, korban dan kepala sekolah. Korban akan diberikan pelayanan untuk konsultasi dengan psikolog agar bis mengetahui sejauh mana dampak psikis yang dirasakan oleh korban.

"Menurut keterangan kepala sekolah, korban mempunyai jiwa yang kuat, namun tetap kita akan pantau kondisi psikisnya agar korban tidak mengalami trauma," tuturnya.

Diketahui, asi diduga perundungan terjadi pada salah seorang siswa SMP di Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang.

Dugaan perundungan itu terungkap setelah beredar video berdurasi 2 menit 08 detik yang mempertontonkan kekerasan terhadap salah seorang siswa. Di dalam video yang beredar di melalui jejaring sosial itu, tampak 2 orang siswa melakukan kekerasan fisik terhadap temannya dengan cara ditendang juga ditampar.

Tak hanya itu salah seorang siswa yang diduga temannya pelaku ikut memukul siswa tersebut menggunakan kayu. Raut wajah siswa yang dipukul nampak ketakutan karena terus-terusan dikeroyok serta dikerubungi oleh belasan siswa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: