Pastikan Hewan Kurban Aman dari PMK

Pastikan Hewan Kurban Aman dari PMK

RAKYATEMPATKAWANG.DISWAY.ID, EMPAT LAWANG - Jelang hari raya Idul adha 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pertanian Empat Lawang memastikan hewan kurban aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas Pertanian Empat Lawang, Hendri Lezi melalui Kabid Perikanan dan Kesehatan Masyarakat, Dedi Junaidi mengatakan, bahwa saat ini pihaknya intens melakukan pemantauan terhadap kesehatan hewan kurban.

“Alhamdulillah, sampai saat ini kita belum temukan di lapangan kasus PMK, khususnya pada sapi,,” ujarnya.

BACA JUGA:Mantan Kepala BPN Empat Lawang Ahmad Zairil Divonis 4,5 Tahun Penjara

Kata Dedi, sejauh ini belum didapatkan kasus PMK di Empat Lawang. Namun, pihaknya terus melakukan langkah-langkah pencegahan, diantaranya dengan mencegah masuknya ternak hewan sapi atau kambing dari wilayah tertular.

Lebih Lanjut,  Dedi mengatakan, selain melakukan pengawasan, Dinas pertanian juga melakukan imbauan kepada peternak, agar selalu menjaga kebersihan kandang dan sanitasi sebagai langkah pencegahan awal.

“Hasil pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan dari peternak sejauh ini kita belum temukan kasus PMK, untuk ternak kebutuhan Idul adha 2022.,” paparnya.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Pembeli Hewan Kurban di Empat Lawang Sepi

Kata dia, meski PMK tidak menular ke manusia, namun bahaya PMK terhadap hewan ternak seperti sapi atau kambing bisa saja berujung kematian.

“Yang paling rentan di kena PMK yakni hewan ternak yang masih muda, penularannya sendiri bisa dari angin dan air liur,” terangnya.

Menurut dia, ciri-ciri hewan ternak terinfeksi PMK diantaranya luka melepuh pada bibir dan kuku, produksi liur tinggi, suhu badan hewan ternak panas tinggi, dan berat badan ternak turun drastis. (Arl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

400 Bad Request

Mencari Jaringan Tercepat


Pastikan Internet anda aktif untuk memuat halaman ini!

Perbarui Halaman Ini.