Diberdayakan BRI, UMKM Kopi Asal Toraja Ini Tembus Pasar Ekspor dan Jadi Pemasok Coffee Shop di 5 Negara

Minggu 29-06-2025,14:15 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Semangat kembali ke akar budaya dan menggali potensi lokal menghadirkan ToRi Coffee, UMKM kopi asal Toraja, Sulawesi Selatan, menorehkan prestasi yang menakjubkan di kancah internasional.

Berkat pendampingan berkelanjutan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), ToRi Coffee sukses mengekspor kopi khas Toraja dan menjadi pemasok kedai kopi di lima negara.

Didirikan pada 2 Februari 2020 oleh pasangan suami istri Citra Wulandari dan Fredy Pairunan, ToRi Coffee hadir sebagai upaya melestarikan cita rasa kopi sekaligus memperkenalkan budaya Toraja ke dunia.

“Toraja dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia, sehingga kami ingin mengangkat karakter etnik Toraja dalam brand dan desain produk,” tutur Citra.

BACA JUGA: Kabar Gembira! Tunjangan Profesi Guru Triwulan II Mulai Cair Sejak 23 Juni 2025, Berikut Syaratnya

BACA JUGA: KPK Gelar OTT di Medan dan Madina, Enam Orang Diamankan Terkait Proyek Jalan

Selain mengedepankan kualitas, ToRi Coffee juga membawa misi sosial. Usaha ini telah mempekerjakan 21 karyawan, termasuk pelajar yang bekerja paruh waktu, serta aktif mendampingi para petani kopi dan memberikan edukasi kepada anak-anak petani demi ingin regenerasi kopi Toraja.

Berawal dari skala lokal, kini ToRi Coffee memasarkan sekitar 275 kilogram biji panggang dan kopi bubuk setiap bulan.

Produknya didistribusikan ke berbagai toko oleh-oleh di kawasan wisata Toraja, sejumlah provinsi di Indonesia, serta konsumen internasional di Australia, Prancis, Jepang, Belanda, dan Singapura.

Peluang perluasan semakin terbuka setelah ToRi Coffee meraih penghargaan Best Newcomer pada BRI UMKM EXPO(RT) 2025.

BACA JUGA: Hadapi Konferensi Kerja Kabupaten, Pengurus PGRI Banyuasin Audiensi dengan Wakil Bupati

BACA JUGA: Sekda Musi Rawas Ingatkan Pentingnya Cek Masa Kadaluarsa APAR di RSUD dr Sobirin

Penghargaan tersebut disampaikan ToRi Coffee mengikuti FHA Food & Beverage 2025 di Singapura, di mana produk kopi Toraja menarik minat pembeli potensial mancanegara.

Namun, Citra menekankan pencapaian tersebut bukan hasil instan, melainkan buah proses panjang bersama BRI.

Sejak memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), ToRi Coffee aktif dalam program pengembangan usaha BRI, termasuk Pengusaha Muda BRILiaN 2022, yang memperkuat landasan bisnis mereka melalui pelatihan bisnis, branding, hingga akses e-commerce.

Kategori :