Facebook Lakukan Desain Ulang Demi Menarik Minat Gen Z

Minggu 13-10-2024,20:44 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Facebook, platform media sosial yang sudah berusia lebih dari dua dekade, baru-baru ini melakukan perombakan besar dengan harapan memenangkan kembali hati pengguna muda, khususnya generasi Z.

Langkah ini dilakukan setelah popularitas Facebook anjlok di kalangan remaja dalam beberapa tahun terakhir. 

Desain ulang ini diharapkan mampu menjadikan Facebook lebih relevan bagi dewasa muda yang ingin menavigasi masa transisi menuju kedewasaan dengan lebih baik.

Dalam pengumuman yang disampaikan pekan lalu, Meta, perusahaan induk Facebook, menyatakan bahwa perubahan ini didasarkan pada dua faktor utama. 

BACA JUGA:Wah! Samsung Tawarkan Galaxy S24 FE Gratis Tanpa Syarat Rumit, Bagaimana Caranya?

BACA JUGA:Fitur Anti Maling Mulai Muncul di HP Android, Begini Cara Kerjanya!

Pertama, apa yang sebenarnya diinginkan oleh generasi Z dari aplikasi sosial, dan kedua, bagaimana Facebook bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Tom Alison, Kepala Facebook, menjelaskan bahwa perubahan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna muda yang ingin terhubung dengan komunitas lokal, menemukan rekomendasi konten yang relevan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang muncul di grup Facebook.

Salah satu fitur utama dalam desain ulang ini adalah tab "Local", yang saat ini sedang diuji di beberapa kota besar di Amerika Serikat. 

Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses aktivitas lokal, grup, serta rekomendasi tempat-tempat populer yang ada di sekitar mereka. 

BACA JUGA:Tips Praktis Mengubah Tampilan Android Menjadi Mirip iPhone

BACA JUGA:Turun Harga, Samsung Galaxy S23 Bulan Oktober 2024 Lebih Terjangkau

Selain itu, Facebook juga memperkenalkan fitur "Weekly" dan "Weekend Digest", yang memberikan kompilasi acara dan kegiatan yang relevan dengan wilayah pengguna. 

Langkah ini diharapkan mampu menghadirkan konten yang lebih personal dan menarik bagi dewasa muda.

Tak hanya itu, Meta juga menambahkan tab "Video" layar penuh untuk gulungan video pendek ala TikTok dan Instagram, serta tab "Explore" yang menawarkan konten sesuai dengan minat pengguna. 

Kategori :