Microsoft Resmi Hentikan Dukungan untuk Surface Duo 2, Ini yang Perlu Anda Ketahui!

Rabu 09-10-2024,12:44 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Oktober 2024 menandai berakhirnya era Surface Duo 2, perangkat Android foldable besutan Microsoft yang tidak mampu bertahan di pasar. 

Setelah meluncur pada tahun 2021, kini Surface Duo 2 siap menghadapi masa akhir hidupnya.

Microsoft telah merilis pembaruan terakhir untuk Surface Duo 2, perangkat dual-screen Android yang diluncurkan pada Oktober 2021. 

Sesuai dengan laporan dari Windows Central, pembaruan keamanan terakhir tersebut akan menjadi penutup perjalanan perangkat ini sebelum mencapai akhir masa dukungannya pada 21 Oktober mendatang.

Langkah ini dilakukan Microsoft dalam rangka menyederhanakan jajaran produk Surface mereka, terutama setelah kepergian Panos Panay, mantan kepala Windows dan Surface, pada tahun lalu.

BACA JUGA:iOS 18 Hadirkan Fitur Widget untuk Personalisasi iPhone, Simak Cara Memaksimalkannya!

BACA JUGA:Bawaslu Tolak Gugatan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang HBA-Henny

Perjalanan Singkat Surface Duo 2

Surface Duo 2 hanya mendapatkan satu pembaruan sistem operasi Android selama masa hidupnya, yaitu dari Android 11 ke Android 12L. 

Ini tentu saja berbeda dengan nasib pendahulunya, Surface Duo generasi pertama, yang mendapatkan pembaruan dari Android 10 ke Android 11, dan kemudian ke Android 12L. 

Namun, dibandingkan dengan ponsel Android terkemuka saat ini yang mendapatkan hingga tujuh tahun pembaruan platform, usia perangkat Surface Duo 2 terbilang singkat.

Meskipun Microsoft telah menjanjikan tiga tahun pembaruan perangkat lunak untuk Surface Duo 2, setelah pembaruan Android 12 pada Oktober 2022, tidak ada pembaruan signifikan lain yang dirilis hingga saat ini. 

Hal ini membuat para pengguna merasa bahwa perjalanan perangkat ini berakhir dengan kurang memuaskan.

BACA JUGA:Asus Zephyrus G16 (2024), Perpaduan Performa, Portabilitas dan Harga yang Ideal

BACA JUGA:Sedang Diobral di Amazon! Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S23

Kategori :