Kontingen Sumsel Raih Tiga Medali di Ajang KSM dan Myres 2024

Senin 09-09-2024,11:21 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Kontingen Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil membawa pulang tiga medali dari ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) Tingkat Nasional Tahun 2024 yang diselenggarakan di Ternate, Maluku Utara.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel, Ishak, mengungkapkan bahwa Sumsel meraih satu medali emas dan satu medali perunggu di ajang Myres, serta satu medali perak di ajang KSM.

“Pada dua ajang nasional ini, Sumsel mengirim 27 siswa madrasah, terdiri dari 24 siswa di ajang KSM dan tiga siswa di ajang Myres.

Setelah bersaing dengan siswa madrasah terbaik se-Indonesia, kontingen Sumsel berhasil membawa pulang tiga medali,” ujar Ishak pada Senin (9/9/2024).

BACA JUGA:PANRB Terbitkan Tiga Peraturan Baru, PPPK Bisa Langsung Jadi?

BACA JUGA:7 Formasi CPNS di Daerah Ini Masih Kosong Pelamar, Minat? Buruan Sebelum 6 September!

Medali emas dipersembahkan oleh Ahmad Naufal Fachriyadi, siswa MAN Insan Cendekia OKI, melalui penelitian berjudul "Aplikasi Simotic Sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Praktik Money Politic Bagi Pemilih Pemula".

Sementara itu, medali perak disumbangkan oleh Fathiya Rahmalia Zahra, siswa MAN 2 Palembang, yang berkompetisi dalam KSM Mata Pelajaran Biologi.

Medali perunggu diraih oleh Nizrina Nuraziza dan Aqilah Siti Zhafirah dari MAN 3 Palembang dengan penelitian mereka yang berjudul "Wafha (Wajib Paham Haid): Program Kajian Risalatul Mahid Sebagai Pemahaman Haid Bagi Remaja Panti Asuhan".

Ucapan Selamat dan Harapan Kakanwil Kemenag Sumsel

BACA JUGA:Apa Itu Program Studi Sistem Informasi? Yuk Kenalan dengan Universitas BSI Sukabumi

BACA JUGA:Kemenag Buka 20.772 Formasi CPNS 2024, Lulusan SMA Bisa Daftar! Ada Penempatan Khusus IKN Juga

Kakanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, turut mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih kontingen Sumsel.

Dia berharap, capaian ini bisa menjadi motivasi bagi siswa-siswa madrasah lainnya di Sumatera Selatan untuk terus berprestasi.

“Terima kasih atas perjuangan dan pengorbanan anak-anak sekalian. Bagi yang belum berhasil membawa pulang medali, jangan berkecil hati. Terus semangat belajar dan tingkatkan kemampuan. Semoga pada ajang-ajang berikutnya, Sumsel bisa meraih lebih banyak medali,” ujar Syafitri.

Sebagai informasi, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) adalah ajang nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

BACA JUGA:Penemuan Penjara Romawi Kuno di Korintus, Jejak Kesuraman dalam Coretan Dinding

BACA JUGA:Studi Terbaru Ungkap Peran Sel Oligodendrosit dan Neuron dalam Pembentukan Plak pada Alzheimer

Kedua ajang ini merupakan bagian dari upaya Kemenag untuk mendorong semangat kompetisi sains di kalangan siswa madrasah di seluruh Indonesia. **

Kategori :