Peneliti Temukan Lokasi yang Diduga Sebagai Atlantis di Dekat Kepulauan Canary

Senin 02-09-2024,14:58 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Para peneliti dari Spanyol mengklaim telah menemukan lokasi yang diduga sebagai Atlantis, dunia yang hilang yang sering disebut dalam legenda.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Live Science pada Rabu (28/8/2024),

beberapa pulau tenggelam ditemukan di dekat Kepulauan Canary.

Penemuan ini diharapkan bisa mengungkap misteri asal usul muasal legenda Atlantis yang telah lama menjadi topik hangat di kalangan akademisi dan ilmuwan.

“Ini mungkin asal muasal legenda Atlantis,” kata Luis Somoza, kepala proyek yang mempelajari aktivitas gunung berapi di Kepulauan Canary.

Menurut Somoza, lokasi yang disebut Gunung Los Atlantes ini merupakan serangkaian pulau yang terbentuk pada zaman Eosen, sekitar 56 juta hingga 34 juta tahun yang lalu.

BACA JUGA: Mengenal Tradisi Mistis Banyuwangi: Kebo-Keboan, Petik Laut, dan Ider Bumi

BACA JUGA: Keindahan Luar Biasa Air Terjun Victoria, Destinasi Epik di Perbatasan Afrika

Namun aktivitas vulkanik di gunung tersebut telah terhenti, menyebabkan lava yang mengalir memadat dan akhirnya membuat pulau-pulau tersebut tenggelam.

Gunung Los Atlantis terletak di paling timur Kepulauan Canary.

Pulau-pulau ini berada di atas gunung berapi bawah laut yang tidak lagi aktif, dengan diameter mencapai 50 kilometer dan terletak sekitar 2,3 kilometer di bawah permukaan laut.

Pulau-pulau ini adalah bagian dari masa lalu dan kini masih tenggelam, tetap seperti yang diceritakan dalam legenda Atlantis, tambah Somoza.

Penemuan ini terjadi ketika tim peneliti menjelajahi dasar laut di lepas pantai timur Lanzarote menggunakan kendaraan yang dikontrol dari jarak jauh (remotely controlled vehicle/ROV).

BACA JUGA: Mengejutkan! Peneliti Ungkap Hubungan Kopi dan Teh dengan Risiko Hipertensi

BACA JUGA: Rahasia dan Fakta Unik tentang Antartika: Benua Terakhir yang Belum Terjamah

Kategori :