Etimologi Nama dan Kata Ariel dalam Prasasti Mesha

Jumat 30-08-2024,15:59 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Nama "Ariel" merupakan salah satu nama yang memiliki sejarah dan etimologi yang kaya serta bervariasi dalam konteks agama dan budaya.

Nama ini tidak hanya populer sebagai nama pribadi, tetapi juga memiliki konotasi spiritual dan simbolis dalam berbagai tradisi keagamaan.

Artikel ini akan mengupas etimologi dan makna kata "Ariel" berdasarkan referensi dari Alkitab, teks apokrif, dan prasasti kuno, serta penggunaannya dalam berbagai konteks.

Nama "Ariel" merupakan nama maskulin yang berasal dari budaya Yahudi. Dalam bahasa Ibrani, Ariel berarti "Singa Allah" atau "Singa Tuhan".

Meskipun memiliki konotasi maskulin, Ariel juga digunakan sebagai nama malaikat yang dalam beberapa teks digambarkan dengan karakteristik feminim. 

BACA JUGA:Hanya Ada Satu Paslon Mendaftar, KPU Empat Lawang Perpanjang Masa Pendaftaran

BACA JUGA:Luhut Soroti Masalah Turis Asing di Bali, Bikin Kelab Mesum hingga Penyerobotan Pekerjaan Warga Lokal

Dalam teks apokrif "Kebijaksanaan Sulaiman", Ariel digambarkan sebagai malaikat yang memiliki tugas untuk menghukum setan.

Beberapa tradisi keagamaan menganggap Ariel sebagai salah satu Archangel atau malaikat agung yang memiliki peran penting dalam melindungi alam.

Menariknya, meskipun dalam konteks ini Ariel dipandang sebagai malaikat yang kuat dan berkuasa, nama ini juga muncul sebagai nama wilayah dan orang dalam Alkitab.

Nama Ariel muncul di beberapa bagian Alkitab dengan makna yang berbeda. Misalnya, dalam Kitab Yesaya (Yesaya 29:1-2, 7), Ariel merujuk pada kota Yerusalem.

BACA JUGA:Misteri Rumah Sakit di Jakarta, Cerita Mistis yang Menyertai Sejarah Medis

BACA JUGA:Mengenal Suku-Suku dengan Wanita Cantik yang Menjadi Daya Tarik Budaya di Indonesia

Di sini, Ariel mungkin digunakan sebagai simbol "singa Allah", mencerminkan kedudukan Yerusalem sebagai kota suci dan pusat spiritual bangsa Israel.

Beberapa ahli Alkitab menafsirkan Ariel sebagai "mezbah korban bakaran", mengacu pada perapian atau mezbah yang membakar korban sebagaimana singa melahap mangsanya.

Kategori :