Sejarah Membingungkan! Kuil Borobudur Sedang Dibangun, Sementara Bangsa Viking Sudah Mengarungi Lautan

Senin 12-08-2024,20:35 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pernah kebayang nggak, gimana dunia berputar di belahan bumi yang berbeda, dengan peristiwa besar yang terjadi hampir bersamaan?

Salah satu contoh yang paling mind-blowing adalah ketika Kuil Borobudur sedang dibangun di Indonesia, di sisi lain dunia, bangsa Viking sedang sibuk menjelajahi lautan.

Dua peristiwa yang kelihatannya nggak ada hubungannya, tapi terjadi di waktu yang hampir sama!

Oke, kita mulai dari Borobudur. Candi ini dibangun sekitar abad ke-8 hingga ke-9 Masehi, di bawah dinasti Syailendra yang menguasai wilayah Jawa Tengah.

BACA JUGA:Ketika Waktu Memainkan Perannya! Majapahit Berjaya, dan di Sisi Lain, Notre-Dame Sudah Berdiri

BACA JUGA:Sejarah yang Bikin Kita Kaget, Saat Majapahit Berjaya, Universitas Oxford Udah Ada!

Borobudur adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia, dengan arsitektur yang rumit dan simbolisme spiritual yang mendalam.

Bangunan ini berdiri megah, menjadi pusat spiritual dan budaya, serta menandakan kemajuan peradaban di Jawa saat itu.

Sekarang, coba kita alihkan pandangan ke utara, ke Skandinavia.

Pada periode yang hampir sama, sekitar abad ke-8 hingga ke-11, bangsa Viking lagi sibuk menaklukkan lautan dan menjelajahi dunia baru.

BACA JUGA:Sejarah Ini Ubah Persepsi Kita Tentang Waktu, Yuk Simak Ceritanya!

BACA JUGA:Turnamen Bola Voli Piala Kades Desa Pajar Bakti, Lavani Senopati Raih Juara Utama

Mereka terkenal dengan kapal panjangnya yang tangguh, yang memungkinkan mereka menyeberangi lautan dan mencapai tempat-tempat seperti Inggris, Prancis, bahkan sampai ke pantai-pantai Amerika Utara, jauh sebelum Columbus berlayar.

Bayangin, ketika para biksu di Borobudur lagi meditasi di bawah bayangan stupa-stupa megah, di belahan dunia lain, para prajurit Viking lagi mengayuh dayung, menembus kabut dingin dan angin laut.

Satu sisi dunia lagi sibuk mencari kedamaian dan pencerahan spiritual, sementara di sisi lain, semangat petualangan dan penaklukan lagi berkobar-kobar.

Kategori :