Penjabat Sekda Sumsel Buka Penataan Wilayah Pertahanan DIKREG LII Sesko TNI

Rabu 07-08-2024,08:30 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Edward Candra, MH, hari ini secara resmi membuka acara Penataan Wilayah Pertahanan Dalam Menghadapi Potensi Ancaman, yang merupakan bagian dari kurikulum Kuliah Dalam Negeri (KKDN) Pasis DIKREG LII Sesko TNI Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Edward menyampaikan terima kasih atas nama Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi, kepada TNI yang telah memilih Sumatera Selatan sebagai lokasi kegiatan tersebut. 

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Siswa Wilayah Pertahanan Perwira Siswa Pendidikan Reguler Angkatan LII Tahun 2024 di Kota Palembang," ucap Edward.

Edward juga memberikan gambaran singkat tentang Provinsi Sumatera Selatan, termasuk luas wilayah, jumlah penduduk, dan perkembangan yang telah dicapai pada tahun 2024. 

BACA JUGA:Turnamen Bola Voli Desa Pajar Bakti Meriahkan HUT RI ke-79

BACA JUGA:336 Masyarakat Terima Bantuan Hukum Gratis dari Kemenkumham Sumsel

Beberapa indikator yang disebutkan antara lain pertumbuhan ekonomi Triwulan I-2024 sebesar 5,06%, inflasi Juni 2024 terhadap Juni 2023 sebesar 2,48%, dan inflasi tahun kalender Juni 2024 terhadap Desember 2023 sebesar 0,64%. 

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sumsel mengalami penurunan sebesar 0,14% pada tahun 2023, turun menjadi 3,97% di tahun 2024, menempatkan Sumsel di peringkat ke-17 terendah secara nasional.

Selain itu, Edward juga menyampaikan program prioritas Pemprov Sumsel pada tahun 2024, yaitu: 

  1. Penanganan Bencana
  2. Pengendalian Inflasi
  3. Penurunan Stunting
  4. Penghapusan Kemiskinan Ekstrem
  5. Dukungan Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada
  6. Peningkatan Ekonomi Daerah

BACA JUGA:Liburan Hemat di Eropa? Cek Destinasi Underrated Ini

BACA JUGA:93 Sumur Di Musi Banyuasin Di Tutup Sub Satgas Gakkum Ilegal Drilling dan Illegal Refinery, Ada Apa?

Di sisi lain, DIREVJIANBANG SESKO TNI, Laksma TNI Djatmoko, S.T.,M.M.,CHRMP melaporkan bahwa terdapat 61 Perwira Siswa DIKREG LII Sesko TNI Tahun 2024 yang mengikuti kurikulum ini sebagai bagian dari manajemen pertahanan negara. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas kesediaannya Pemprov Sumsel menerima KKDN Pasis DIKREG LII Sesko TNI Tahun 2024 yang merupakan bagian dari kurikulum manajemen pertahanan negara dimana perwira siswa nantinya akan melakukan kajian penataan pertahanan wilayah di Sumatera Selatan," jelasnya.

Djatmoko menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan para Perwira Siswa dapat menambah informasi dan pengetahuan tentang penataan pertahanan wilayah yang disinergikan dengan kepentingan negara, khususnya Wilayah Sumatera Selatan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan sinergi antara TNI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dapat terus terjalin dengan baik demi kepentingan pertahanan dan keamanan negara. ***

Kategori :