Marsekal Pertama TNI Anumerta Tjilik Riwut Pahlawan Nasional dari Kalimantan Asli Dayak Ngaju

Senin 29-07-2024,20:15 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

KALTENG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Marsekal Pertama TNI Anumerta Tjilik Riwut lahir pada tanggal 2 Februari 1918 di Kasongan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Beliau wafat pada tahun 1987 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tjilik Riwut merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia dan menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Tengah kedua dari tahun 1958 hingga 1967.

Sebagai salah satu putra Dayak dari Suku Dayak Ngaju, Tjilik Riwut bukan hanya dikenal di kalangan sukunya, tetapi juga di kancah nasional. 

BACA JUGA:Abdul Kadir, Sang Pejuang dari Kalimantan Barat

BACA JUGA:Dr KH Idham Chalid, Sang Tokoh Nasional dari Kalimantan Selatan

Beliau menjadi anggota KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat), yang merupakan badan pembantu presiden pada masa awal kemerdekaan Indonesia.

Perjalanan dan perjuangannya melampaui batas-batas kesukuan, menjadikannya sebagai salah satu pejuang bangsa yang dihormati.

Penetapannya sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 108/TK/Tahun 1998 pada tanggal 6 November 1998 merupakan wujud penghargaan atas perjuangannya pada masa kemerdekaan dan pengabdiannya dalam membangun Kalimantan Tengah.

Di luar kiprahnya sebagai prajurit dan pembantu pemerintah, Riwut pernah bekerja di Harian Pemandangan dan Harian Pembangunan yang dipimpin oleh Sanusi Pane. 

BACA JUGA:Pahlawan Nasional Asal Kalimantan: Brigjen TNI (Purn) Hasan Basry Sang Revolusioner Sejati

BACA JUGA:Mengenal Pahlawan Nasional Asli Kalimantan - Pangeran Antasari Sang Panglima Perang dari Banjar

Kecintaannya pada Kalimantan menginspirasi Tjilik Riwut untuk menulis beberapa buku tentang pulau tersebut, yang membahas makanan khas hingga budaya dan sejarah Suku Dayak. Beberapa karyanya antara lain:

1. Makanan Dayak (1948)

2. Sejarah Kalimantan (1952)

Kategori :