Ini Jalur Penjemputan Bus Sekolah

Senin 05-09-2022,19:24 WIB
Reporter : Anita
Editor : Aril Endy ST

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Setelah sekian lama tidak beroperasi dikarenakan Covid-19, kini mobil bus sekolah Dinas Perhubungan (Dishub) sudah mulai beroperasi beriringan dengan sudah aktifnya sekolah di Kecamatan Tebing Tinggi yang kembali menerapkan sistem belajar offline.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Empat Lawang, Sormi Azhar melalui Kabid Prasarana, Sefza Doris mengatakan, naiknya harga BBM sangat berdampak dengan ongkos transportasi umum termasuk untuk anak-anak sekolahan dari yang tadinya Rp 2 ribu naik menjadi Rp 3 ribu.

Sementara untuk orang dewasa dengan rute dari pasar Tebing Tinggi ke Talang Banyu sudah naik menjadi Rp 10 ribu/orang dari yang awalnya hanya Rp 5 ribu per orang.

"Langkah dalam waktu dekat ini kita akan melakukan rapat kerja dengan dinas terkait seperti Satlantas dan juga Organda di Empat Lawang untuk bersama-sama mencari solusi mengenai kenaikan harga BBM ini," ungkap Sefza, Senin (5/9/2022).

Untuk sekarang ini, lanjut Sefza, solusi untuk pelajar yakni Dishub sudah kembali mengoperasikan bus sekolah. Ada 2 unit bus sekolah yang dapat digunakan anak-anak sekolah dengan muatan bus besar sekitar 25 orang dan bus kecil sekitar 15 orang.

Adapun rute perjalanan bus sekolah yakni mengitari jalan menuju SMK 1 Empat Lawang di Terusan, kemudian ke rute jalan menuju SMP N 1 Tebing Tinggi di Kupang Dalam, lanjut mengitari jalan arah pasar hingga ke Talang Banyu, Kecamatan Tebing Tinggi.

Di luar rute tersebut belum bisa untuk menaiki bus sekolah mengingat kuota yang muat naik bus sekolah juga terbatas.

"Kalau ada anak-anak sekolah yang lewat jalur kita baik itu SD, SMP, SMA, kita jemput, dan biayanya gratis. Paginya kita jemput, siangnya sepulang sekolah juga kita jemput," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang siswa di SMA N 1 Tebing Tinggi, Indri mengatakan, sangat terbantu dengan adanya fasilitas bus sekolah. Dirinya bisa berangkat ke sekolah tanpa harus mengeluarkan biaya ongkos.

"Untung ada bus sekolah. Jadi saya bisa lebih hemat untuk berangkat sekolah," tutur Indri.

Kategori :