UMKM Binaan BRI Asal Padang Tembus Pasar Global Lewat FHA Food & Beverage 2025 di Singapura

UMKM Binaan BRI Asal Padang Tembus Pasar Global Lewat FHA Food & Beverage 2025 di Singapura

UMKM Binaan BRI Asal Padang Tembus Pasar Global Lewat FHA Food & Beverage 2025 di Singapura:ist--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – UMKM lokal Indonesia kembali menunjukkan tajinya di kancah internasional.

Dalam ajang FHA Food & Beverage 2025 yang digelar di Singapura pada 8–11 April 2025, sebuah UMKM asal Padang, Sumatera Barat, bernama L'île Chocolate sukses mencuri perhatian buyer internasional.

UMKM ini merupakan salah satu binaan BRI yang membuktikan bahwa produk lokal Indonesia mampu bersaing di pasar global.

L'île Chocolate merupakan bagian dari PT. Sumatra Coklat, yang mengusung konsep tree-to-bar dalam mengolah kakao dari hulu ke hilir.

Proses produksinya seluruhnya dilakukan di Sumatera Barat dengan melibatkan para petani lokal.

“Kami menggunakan kakao varietas BL50, klon lokal yang ditemukan oleh petani. Produksinya bisa mencapai 2-3 ton per pohon, jauh lebih tinggi dari klon biasa,” ujar pemilik usaha, Priscilla Raisa Partana.

BACA JUGA:ATM BRI Mudah Ditemukan hingga ke Pelosok, Warga: Layanannya Lengkap dan Praktis!

BACA JUGA: L`île Chocolate dari Padang Buktikan Daya Saing Produk Lokal di Ajang Internasional FHA Singapura 2025

Keikutsertaan Priscilla dalam pameran internasional ini menjadi tonggak penting bagi bisnisnya.

Meski sempat mengalami masa sulit selama pandemi COVID-19 yang membuat ekspor terhenti total, ia berhasil bangkit dengan memperkuat pasar lokal dan memperluas jaringan lewat inovasi produk, seperti chili chocolate cassava rocher, cokelat unik yang menggabungkan rasa singkong balado dengan cokelat premium ala Ferrero Rocher.

Priscilla menyebut bahwa keikutsertaannya dalam FHA 2025 sangat berkesan karena proses kurasi yang ketat oleh BRI bersama Atase Perdagangan Singapura memastikan kualitas produk yang tampil di ajang tersebut.

“Buyer yang datang benar-benar serius dan memahami nilai produk. Ini bukan sekadar promosi, tapi pengalaman yang membangun strategi bisnis jangka panjang,” ungkapnya.

Produk L'île Chocolate kini juga telah menembus pasar Horeka seperti resort di Mentawai dan Bali, serta pasar ritel di Jakarta.

BACA JUGA:Kartu Brizzi Jadi Penolong Ampuh, Saldo Bisa Digunakan untuk Bayar Listrik dan Belanja Minimarket

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: