BRI Bagikan Strategi Pengelolaan Keuangan dan Investasi untuk Generasi Muda
Istimewa/internet--
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID — Tren gaya hidup kekinian di kalangan anak muda mendorong perubahan besar dalam pola keuangan.
Menanggapi fenomena ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) membagikan strategi pengelolaan keuangan untuk generasi muda, termasuk mengatasi tantangan seperti gaya hidup konsumtif dan maraknya pinjaman online (pinjol).
Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani, mengungkapkan bahwa salah satu tantangan utama anak muda saat ini adalah kebiasaan Latte Factor, yaitu pengeluaran kecil seperti kopi kekinian atau layanan streaming yang jika diakumulasi, berdampak besar pada keuangan. “Penting untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan,” jelasnya.
Selain itu, literasi keuangan yang rendah menjadi penyebab banyak anak muda tidak memiliki tabungan, dana darurat, atau investasi.
BACA JUGA:Peningkatan Keandalan Listrik, PLN ULP Tebing Tinggi Lakukan Pemadaman Sementara
BACA JUGA:Sudan dan Benin Lolos Dramatis ke Piala Afrika 2025 Meski Diterpa Konflik dan Tantangan Berat
Fenomena pinjaman online juga menjadi perhatian serius. Data OJK mencatat 12% pengguna pinjol berasal dari kalangan karyawan dan pelajar, yang didominasi oleh generasi muda.
BRI menghadirkan solusi dengan produk seperti BRIGuna Digital melalui platform BRImo, aplikasi super dengan lebih dari 100 fitur.
BRImo menawarkan kemudahan pinjaman digital dengan proses cepat, bunga kompetitif, dan terintegrasi dengan ekosistem digital seperti belanja online hingga hiburan.
Selain itu, BRI rutin memberikan edukasi keuangan, termasuk berkeliling universitas untuk meningkatkan literasi keuangan generasi muda.
BACA JUGA:Duel Usai, Mike Tyson dan Jake Paul Langsung Terkena Larangan Bertinju
Strategi ini diharapkan dapat mengarahkan anak muda ke pengelolaan keuangan yang lebih baik dan mengurangi ketergantungan pada pinjol.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: