Google Perbarui Chrome di Android, Pengguna Password Manager Pihak Ketiga Akan Lebih Mudah Autofill

Google Perbarui Chrome di Android, Pengguna Password Manager Pihak Ketiga Akan Lebih Mudah Autofill

Google Perbarui Chrome di Android, Pengguna Password Manager Pihak Ketiga Akan Lebih Mudah Autofill-ist-

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Google akan meluncurkan pembaruan penting untuk Chrome di Android pada bulan November mendatang, yang akan membawa peningkatan besar dalam cara pengelola kata sandi (password manager) beroperasi di browser seluler tersebut. 

Dalam update ini, Chrome di Android akan mendukung autofill secara native untuk aplikasi pengelola kata sandi pihak ketiga seperti 1Password, Dashlane, dan aplikasi lainnya. 

Fitur ini akan memberikan pengalaman yang lebih mulus dan cepat bagi pengguna.

Sebelumnya, meskipun Android sudah mendukung layanan autofill pihak ketiga, namun saat digunakan di Chrome, sering kali muncul bug yang menyebabkan scroll halaman terasa patah-patah, serta adanya duplikasi saran antara layanan Google dan pengelola kata sandi pihak ketiga. 

BACA JUGA:Samsung Galaxy A16 5G Hadir dengan Pembaruan 6 Tahun dan Spesifikasi Tangguh

BACA JUGA:Motorola Luncurkan Beta Android 15 di Edge 50, Ikut Berlomba Dalam Pembaruan OS

Hal ini membuat pengalaman pengguna menjadi tidak maksimal. Namun, dengan pembaruan Chrome versi 131 ini, semua masalah tersebut akan diperbaiki. Pengguna dapat mengisi formulir di website dengan lebih cepat dan nyaman, tanpa hambatan.

Eiji Kitamuram, seorang pengembang di tim Google Chrome, mengatakan, dengan perubahan ini, Chrome di Android akan mengizinkan layanan autofill pihak ketiga untuk mengisi formulir secara native, memberikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan sederhana.

Pengelola kata sandi pihak ketiga ini nantinya bisa mengisi kata sandi, passkeys, serta informasi lainnya seperti alamat dan data pembayaran, seperti halnya di aplikasi Android lainnya.

Pengguna Chrome versi beta sudah bisa mulai mencoba fitur ini dengan menggunakan Chrome 131 atau versi yang lebih baru. Untuk memanfaatkan fitur autofill ini, pengguna perlu mengatur pengelola kata sandi pihak ketiga sebagai layanan autofill yang diutamakan, serta mengaktifkan fitur tersebut melalui pengaturan khusus di Chrome.

BACA JUGA:Motorola Mulai Sebar Pembaruan Android 15 ke Beberapa Pengguna Terpilih

BACA JUGA:Samsung Galaxy A36 5G, Bocoran Spesifikasi Ungkap Prosesor Kuno di Ponsel Budget 2025

Bagi pengguna yang menantikan stabilitas fitur ini, Chrome versi 131 dijadwalkan masuk ke saluran stabil pada 12 November mendatang. 

Setelah tanggal itu, semua pengguna Android akan bisa merasakan pengalaman autofill yang lebih baik di Chrome. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: