Bawaslu Tolak Gugatan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang HBA-Henny

Bawaslu Tolak Gugatan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang HBA-Henny

Bawaslu Tolak Gugatan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang HBA-Henny:dok/Rel--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Sidang pleno putusan gugatan yang dilayangkan oleh pasangan bakal calon (bacalon) bupati dan wakil bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) dan Henny Verawati, resmi ditolak oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang. 

Gugatan tersebut diajukan terkait keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang yang menyatakan HBA tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai calon bupati untuk periode 2024-2029.

Ketua Bawaslu Empat Lawang, Rodi Karnain, dalam amar putusannya menyatakan bahwa gugatan yang diajukan oleh pihak HBA-Henny ditolak seluruhnya. 

"Menolak gugatan untuk seluruhnya," ujar Rodi Karnain dalam rapat pleno yang digelar pada hari Minggu, 6 Agustus 2024, dan dibacakan secara terbuka pada Selasa, 8 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Gandeng Damkar Empat Lawang, Lapas Gelar Simulasi Penyelamatan Kebakaran

BACA JUGA:Pemerintah Desa Pajar Bakti Salurkan BLT DD Tahap 3 dan 4 Tahun 2024

Rapat tersebut dihadiri oleh anggota Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Ahmad Fatria Arsasi, serta disaksikan oleh para pihak terkait.

Keputusan ini memperkuat posisi KPU Empat Lawang yang sebelumnya telah memutuskan melalui berita acara nomor 118/PL.02.2-BA/1611/2024 bahwa HBA tidak memenuhi syarat sebagai calon bupati. 

Ketua KPU Empat Lawang, Eskan Budiman, menyatakan bahwa Pilkada Empat Lawang tahun 2024 hanya akan diikuti oleh satu pasangan calon, yaitu H Joncik Muhammad dan Arifa’i. 

"Sesuai dengan berita acara yang telah ditandatangani pada 21 September 2024, peserta pemilihan serentak di Kabupaten Empat Lawang hanya satu pasangan calon," jelas Eskan kepada awak media.

BACA JUGA:Update Samsung Galaxy Lama Bikin Perangkat Mati, Begini Cara Mengatasinya!

BACA JUGA:iPad Mini 6th-Gen, Perangkat Kompak dengan Harga Spesial, Cocok untuk Streaming dan Multitasking

Dengan putusan Bawaslu ini, proses Pilkada Empat Lawang tahun 2024 dipastikan hanya akan diikuti oleh pasangan Joncik Muhammad-Arifa’i, sesuai dengan keputusan KPU dan dipertegas oleh hasil sidang Bawaslu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: