Sekolah di Palembang Gelar ANBK, Jenjang SMP Mulai 9-12 September 2024

Sekolah di Palembang Gelar ANBK, Jenjang SMP Mulai 9-12 September 2024

Sekolah di Palembang Gelar ANBK, Jenjang SMP Mulai 9-12 September 2024-DISWAY NETWORK-

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Seluruh sekolah jenjang SMP se-Kota Palembang resmi memulai pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sejak, Senin (9/9/2024).

Kegiatan ANBK ini akan berlangsung hingga Kamis, 12 September 2024. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Adrianus Amri, menyatakan bahwa ANBK dilaksanakan untuk mengevaluasi kualitas pendidikan, baik di sekolah negeri maupun swasta.

“ANBK dilakukan di seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta. Untuk jenjang SMP, dilaksanakan mulai 9 hingga 12 September 2024, sementara jenjang SD akan dimulai pada 27 September hingga 3 Oktober 2024,” ungkap Amri setelah meninjau langsung pelaksanaan ANBK di SMPN 9 dan SMPN 10 Palembang.

Menurut Amri, ANBK jenjang SMP diikuti oleh 212 sekolah negeri dan swasta di Kota Palembang. Pelaksanaannya dibagi menjadi dua gelombang, di mana gelombang pertama berlangsung pada Senin dan Selasa, sedangkan gelombang kedua pada Rabu dan Kamis.

BACA JUGA:Sekolah di Empat Lawang Bertahap Gelar Simulasi ANBK

BACA JUGA:Minim Sarana, SMP Pulau Kidak Gelar ANBK Tempat Tetangga

Peserta ANBK dipilih secara acak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Total peserta untuk jenjang SMP adalah 50 siswa per sekolah, yang terdiri dari 15 siswa setiap sesi serta 5 siswa sebagai cadangan.

“Peserta ANBK untuk jenjang SMP adalah siswa kelas 8, sementara untuk jenjang SD nanti hanya siswa kelas 5,” jelasnya.

Soal-soal dalam ANBK mencakup materi literasi dan numerasi dengan berbagai tingkat kesulitan. Materi yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Matematika. Amri berharap, melalui ANBK ini, minat literasi siswa dapat meningkat.

“ANBK ini menjadi salah satu stimulan agar peserta didik semakin tertarik dengan literasi dan terus meningkatkan kemampuan mereka,” tambahnya.

BACA JUGA:Kontingen Sumsel Raih Tiga Medali di Ajang KSM dan Myres 2024

BACA JUGA:PANRB Terbitkan Tiga Peraturan Baru, PPPK Bisa Langsung Jadi?

Pengawasan selama pelaksanaan ANBK dilakukan secara ketat dengan sistem pengawasan silang antar sekolah di setiap kecamatan, dan turut diawasi oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Selatan.

“Kami memastikan bahwa ANBK berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur. Pengawasan dilakukan secara silang antar SMP, serta diawasi oleh BPMP Provinsi,” katanya.

Terkait jadwal pelaksanaan, Amri menyebutkan bahwa ANBK diadakan dalam tiga sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai pukul 07.20 WIB, sesi kedua pukul 10.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.10 WIB.

Namun, jika jumlah peserta di bawah 45 orang, hanya akan ada dua sesi per hari. **

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: