Arkeolog Temukan, Aktivitas Perdagangan di Masa Kerajaan Samudra Pasai

Arkeolog Temukan, Aktivitas Perdagangan di Masa Kerajaan Samudra Pasai

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Arkeolog juga menemukan pecahan gerabah lokal, keramik asing, serta benda logam dari besi, perunggu, dan timah.

Peninggalan ini menandakan adanya aktivitas perdagangan yang terjadi pada masa Kerajaan Samudra Pasai dengan pedagang dari berbagai negara.

Penemuan gerabah lokal dan keramik asing menunjukkan bahwa Kerajaan Samudra Pasai merupakan pusat perdagangan yang cukup ramai pada masanya.

Pedagang dari berbagai negara datang membawa barang dagangan mereka, seperti keramik, yang kemudian diperdagangkan dengan produk lokal seperti gerabah.

BACA JUGA:Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Makam Raja-Raja Pasai

BACA JUGA:Menelusuri Wisata Sejarah di Makam Raja-Raja Pasai di Kampung Geudong

Selain gerabah dan keramik, ditemukan juga benda logam dari besi, perunggu, dan timah.

Ini menandakan bahwa Samudra Pasai tidak hanya berperan sebagai pusat perdagangan tetapi juga sebagai tempat penting dalam produksi dan penggunaan benda logam.

Benda logam ini bisa saja digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari peralatan sehari-hari hingga senjata dan alat perdagangan.

Penemuan peninggalan-peninggalan ini menegaskan bahwa Kerajaan Samudra Pasai adalah pusat perdagangan internasional pada masanya.

BACA JUGA:Kisah Perkawinan Panembahan Ratu dengan Putri Glampok Raras: Membangun Aliansi Kuat antara Kesultanan Cirebon

BACA JUGA:Kerajaan Samudera Pasai: Kisah Sejarah dan Kebudayaan Masa Lampau

Kehadiran pedagang asing dan interaksi dengan berbagai budaya menunjukkan betapa pentingnya Samudra Pasai dalam jalur perdagangan maritim kuno.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: