Ternyata, Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara Menurut Laporan IMF

Ternyata, Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara Menurut Laporan IMF

Data ini diungkapkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dalam laporan World Economic Outlook pada April 2024.-Istimewa/Internet.-

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID  - Tingkat pengangguran di Indonesia tercatat mencapai 5,2 persen, menjadikannya yang tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara lainnya. 

Data ini diungkapkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dalam laporan World Economic Outlook pada April 2024.

Laporan tersebut membandingkan tingkat pengangguran Indonesia dengan enam negara Asia Tenggara lainnya. 

Meskipun angkanya tinggi, tingkat pengangguran di Indonesia mengalami sedikit penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 5,3 persen.

BACA JUGA:Dana KUR, CSR, PSR dan BPDPKS di Sumsel Sebesar Rp18,97 miliar Disalurkan

Di antara negara-negara Asia Tenggara, Filipina berada di posisi kedua dengan tingkat pengangguran 5,1 persen, diikuti oleh Brunei Darussalam dengan 4,9 persen. 

Malaysia mencatat tingkat pengangguran sebesar 3,52 persen, Vietnam 2,1 persen, Singapura 1,9 persen, dan Thailand 1,1 persen.

Menariknya, Thailand menjadi negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia, melampaui negara-negara maju seperti Singapura, Jepang, dan bahkan Amerika Serikat.

Di sisi lain, laporan IMF juga mencatat Sudan sebagai negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia, mencapai 49,5 persen, diikuti oleh Afrika Selatan dengan 33,5 persen dan Georgia 15,7 persen.

BACA JUGA:ASTAGA! Defisit Keuangan di Empat Lawang Hingga Rp227 miliar, Ternyata Ini Biang Keroknya

IMF mendefinisikan tingkat pengangguran sebagai persentase angkatan kerja yang sedang mencari pekerjaan. 

Oleh karena itu, penduduk usia produktif yang tidak mencari kerja, seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, dan mereka yang tidak lagi mencari pekerjaan, tidak termasuk dalam perhitungan ini.

Laporan ini menggarisbawahi pentingnya upaya pemerintah Indonesia untuk terus mendorong penciptaan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran yang masih tergolong tinggi dibandingkan dengan negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. (*/antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: