1 Suro 2024 Kapan? Berikut Ritual Memandikan Keris Berikut Tata Cara Mencuci Benda Pusaka Simak Sampai Selesai

1 Suro 2024 Kapan? Berikut Ritual Memandikan Keris Berikut Tata Cara Mencuci Benda Pusaka Simak Sampai Selesai

Kalender 1 Suro 2024-DISWAY NETWORK-

Bakar dupa dengan kayu gaharu atau sejenisnya.

Kemudian siapkan nampan atau baskom yang telah ditaburi kembang 7 rupa atau kembang setaman dan gelar tikar untuk tempat duduk saat prosesi pemandian keris dilaksanakan.

Langkah selanjutnya mulailah prosesi memandikan keris dengan terlebih dahulu membuka keris dari kain mori pembungkus keris dan keluarkan keris dari sarungnya dengan hati-hati.

Lakukan proses memandikan keris atau jamasan secara benar kemudian mandikan keris atau benda pusaka tersebut dengan air rendaman bunga hingga terlihat bersih.

BACA JUGA:Mitos Malam Satu Suro 2023 Jatuh pada Tanggal Berapa? Dilarang Keluar Rumah!

Kemudian olesi keris dengan jeruk nipis dan belimbing wuluh lalu bilas kembali dengan air.

Prosesi selanjutnya, keringkan keris dangan menggunakan kain mori hingga kering dan setelah itu olesi keris dengan minyak wangi.

Setelah itu langkah selanjutnya, putarlah keris di atas dupa kayu gaharu yang telah dibakar sebelumnya, sambil membaca doa.

Usahakan agar asap dupa mengenai seluruh bagian keris. 

BACA JUGA:5 Pejuang Indonesia Terkenal Kebal Peluru, Ada Untung Suropati

Ulangi prosesi ini hingga keris yang sudah dimandikan itu benar-benar merata terkena asap dari dapu kayu gaharu tersebut.

Setelah diyakini keris telah merata terkenan asap dupa kayu gaharu, olesi kembali keris dengan minyak wangi sebelum dimasukan kembali ke dalam sarung keris.

Bungkus keris yang sudah dimasukan dalam sarungnya itu dengan kain mori sembari meneteskan minyak wangi ke kain mori pembungkus keris.

Langkah terakhir, simpan kembali keris di tempatnya. **

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: