Hewan yang Memiliki DNA Mirip dengan Manusia, Termasuk Babi, Anjing dan Kucing!

Hewan dengan kemiripan DNA dengan manusia.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kemiripan genetik antara manusia dan hewan lain merupakan topik yang menarik dalam biologi dan genetika.

Memahami hubungan ini membantu kita mempelajari evolusi, biologi molekuler, dan kedokteran.

Beberapa hewan memiliki DNA yang sangat mirip dengan manusia, bahkan lebih dari 95%.

Artikel ini akan mengulas beberapa hewan yang memiliki kemiripan DNA tinggi dengan manusia dan implikasinya, termasuk simpanse, gorila, orangutan, bonobo, babi, tikus, anjing, dan kucing.

BACA JUGA:Instagram Bakal Uji Coba Iklan di Bawah Stories

1. Simpanse (Pan troglodytes)

Simpanse adalah kerabat terdekat manusia di kerajaan hewan.

Berdasarkan penelitian dari National Human Genome Research Institute "Chimpanzee Genome Project", genetik menunjukkan bahwa simpanse memiliki sekitar 98-99% kesamaan DNA dengan manusia.

Kemiripan ini mencerminkan hubungan evolusi yang dekat, karena manusia dan simpanse berbagi leluhur yang sama sekitar 5-7 juta tahun yang lalu.

- Penelitian Evolusi: Kesamaan genetik ini membantu ilmuwan memahami evolusi manusia, termasuk perkembangan otak, perilaku sosial, dan kemampuan kognitif.

- Studi Penyakit: Karena kemiripan genetika, simpanse digunakan dalam penelitian penyakit manusia seperti HIV/AIDS dan hepatitis, yang membantu dalam pengembangan vaksin dan terapi.

BACA JUGA:Berhenti Tonton Timnas Brasil di Copa America 202, Ronaldinho: 'Salah Satu Tim Terburuk dalam Sejarah!'

2. Gorila (Gorilla gorilla)

Gorila memiliki sekitar 98% kesamaan DNA dengan manusia, menurut Nature "Gorilla genome sequence and analysis."