MediaTek Siap Tantang Qualcomm dengan Chip Arm Baru untuk Laptop Windows

MediaTek Siap Tantang Qualcomm dengan Chip Arm Baru untuk Laptop Windows

MediaTek.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Perkembangan teknologi chip untuk laptop Windows semakin menarik dengan munculnya kabar bahwa MediaTek tengah mengembangkan chip Arm terbaru.

Chip ini dirancang untuk bersaing langsung dengan Snapdragon X dari Qualcomm, sebuah langkah yang dapat mengubah lanskap persaingan di pasar laptop berbasis Windows.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Reuters berdasarkan sumber yang mengetahui proyek ini, meskipun identitasnya tidak disebutkan.

BACA JUGA:Kominfo Siap Blokir X, Pengguna Disuruh Cari Platform Lain

Sistem operasi yang akan menggunakan chip baru dari MediaTek adalah perangkat Copilot+ PC, yang pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada Mei 2024 lalu.

Laptop ini dirancang dengan kemampuan pengolahan AI yang mumpuni, dan disebut-sebut sebagai laptop masa depan oleh Microsoft.

Meskipun kabar ini telah mencuat, baik MediaTek maupun Microsoft menolak memberikan komentar mengenai pengembangan chip baru ini.

BACA JUGA:Poco Debut di Pasar Tablet dengan Poco Pad: Berikut Spesifikasi dan Harga

Namun, sumber Reuters mengungkapkan bahwa chip tersebut diperkirakan baru akan diluncurkan pada 2025.

Hal ini berkaitan dengan berakhirnya perjanjian eksklusif Qualcomm untuk menyuplai chip laptop Windows berbasis Arm, yang akan habis masa berlakunya pada akhir tahun 2024.

Chip yang dikembangkan oleh MediaTek ini menggunakan desain "siap pakai" dari Arm, yang memungkinkan proses pembuatannya menjadi lebih efisien dan cepat.

BACA JUGA:Memahami Sistem Operasi Windows: Pemimpin Dunia dalam Kemudahan dan Kompatibilitas

MediaTek sebelumnya telah memiliki pengalaman dengan chip Kompanio yang digunakan dalam Chromebook.

Ada kemungkinan chip ini akan dijadikan basis dalam pengembangan chip baru untuk Windows, meskipun belum ada konfirmasi apakah Microsoft telah memberikan lampu hijau untuk proyek ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: