Universitas Sriwijaya (Unsri) Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Melalui Jalur Mandiri USMB

Universitas Sriwijaya (Unsri) Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Melalui Jalur Mandiri USMB

Ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID -

Universitas Sriwijaya (Unsri) mengumumkan pembukaan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Keputusan ini diambil setelah Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) telah selesai dilaksanakan.

Rektor Unsri, Taufiq Marwa, menyatakan bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) sudah dibuka dan proses pendaftaran dapat diakses secara online melalui website resmi Unsri di https://USMB.unsri.ac.id/Main/pendaftaran. "Periode pendaftaran USMB akan berlangsung dari hari ini hingga 21 Juni 2024," ujarnya pada Kamis (13/6/2024).

Bagi calon mahasiswa yang tidak lolos pada jalur SNBT Unsri tahun 2024, mereka diberi kesempatan untuk mendaftar melalui jalur mandiri. Pelaksanaan tes jalur mandiri akan dilakukan di Kampus Indralaya mulai tanggal 23 hingga 26 Juni 2024. Pengumuman penerimaan untuk jalur mandiri dijadwalkan akan disampaikan pada tanggal 8 Juli 2024 pukul 15.00 WIB.

BACA JUGA:Unsri Buka Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru 2024: Proses dan Jadwal

Kuota total mahasiswa baru yang akan diterima Unsri dari berbagai jalur seleksi untuk tahun ini mencapai 8.690 kursi. "Pada pukul 15.00 WIB hari ini, akan diumumkan hasil seleksi untuk jalur SNBT lewat UTBK dari 21 ribu pendaftar, dengan kuota penerimaan sebanyak 4 ribu per gelombang atau keseluruhan 8 ribu mahasiswa baru," ungkap Taufiq.

Kuota tersebut terbagi dari penerimaan daya tampung jalur undangan (SNBP) sebanyak 1.738 kursi yang menerima 20 persen pendaftar, jalur SNBT sebanyak 4.345 kursi minimal 50 persen, dan sisanya dari kuota jalur mandiri sebanyak 2.607 kursi.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, mereka diharapkan segera melakukan registrasi ulang. Sementara bagi yang belum diterima, masih ada kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri, khususnya Unsri, melalui jalur mandiri.

Unsri menawarkan total program studi (prodi) sebanyak 61 prodi dari berbagai fakultas. Peminat tertinggi berasal dari calon mahasiswa yang memilih prodi kedokteran sebanyak 2.257 orang dan prodi manajemen sebanyak 1.944 orang.

BACA JUGA:Informasi Penting UKT Jalur Tes Mandiri Unsri 2024: Biaya Per Semester

Data tersebut didapatkan dari pendaftar Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) selama dua gelombang pendaftaran dari bulan April hingga Mei 2024, dengan pengumuman kelulusan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni.

"Peminat untuk program studi eksakta masih tinggi, terutama di fakultas kedokteran dan sosial manajemen," tambahnya. Dengan berbagai jalur seleksi yang tersedia, Unsri berharap dapat menampung beragam minat dan potensi calon mahasiswa baru untuk menjadi bagian dari komunitas akademik yang berkualitas.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: