Berikut Perkembangan Program Studi dan Infrastruktur di Universitas Sriwijaya

Berikut Perkembangan Program Studi dan Infrastruktur di Universitas Sriwijaya

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Universitas Sriwijaya (Unsri) telah mengalami perkembangan pesat dalam pembukaan program studi baru serta peningkatan infrastruktur sejak tahun 2001.

Perjalanan ini dimulai dengan pembukaan Program Doktor Bidang Ilmu Pertanian melalui SK No. 2364/D/T/2001.

Selanjutnya, Unsri meluncurkan Program Doktor Ilmu Lingkungan pada tahun 2007, Program Doktor Ilmu Hukum pada tahun 2008, dan Program Doktor Ilmu Ekonomi pada tahun 2010.

Pada masa kepemimpinan Prof. Dr. Ir. Zainal Ridho Djafar dari tahun 1999 hingga 2007, Unsri membuka Program Studi Ilmu Kelautan (FMIPA) dan Program Studi Sosiologi, serta mengubah status Program Studi Ilmu Sosial dan Politik menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

BACA JUGA:Unsri Buka Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru 2024: Proses dan Jadwal

Pada periode ini, Unsri mengelola 10 fakultas, 44 program studi Sarjana (S1), 11 program studi Dokter Spesialis, 15 program studi Pascasarjana (S2), 3 Program Doktor (S-3), dan 6 program studi Diploma (S-0).

Selain itu, terdapat 3 Program Magister (S2) Dual Degree bekerja sama dengan Malaysia, Belanda, dan Jepang.

Kepemimpinan Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A dari 19 November 2007 hingga 23 November 2015, ditandai dengan penambahan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang memiliki Program Studi Kesehatan Masyarakat.

Unsri juga membuka beberapa program studi baru seperti Program Studi Magister Ilmu Manajemen (S2), Program Studi Geologi (FT), Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Studi Psikologi (FK), Program Studi Farmasi, Program Studi Magister Fisika dan Program Doktor MIPA (FMIPA), Program Studi Pendidikan Usia Dini (FKIP), Program Studi Ilmu Komunikasi, dan Program Studi Magister Sosiologi (FISIP).

BACA JUGA:Universitas Sriwijaya Pastikan Tak Ada Kenaikan Biaya UKT: Transparansi Data Mahasiswa Kunci Akurasi

Selain itu, ada juga Program Studi Magister Teknik Mesin, Program Studi Magister Teknik Pertambangan, Program Studi Doktor Ilmu Teknik (FT), dan Program Studi Magister Teknik Komputer (FASILKOM).

Pada masa kepemimpinan Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, M.S.C.E mulai 24 November 2015, Unsri terus berkembang dengan membuka program studi baru.

Pada tahun 2016, dibuka Program Studi Ilmu Gizi, Program Studi Kesehatan Lingkungan, Program Studi Magister Pendidikan Jasmani, dan Program Doktor Pendidikan Matematika.

Juga dibuka Program Studi Magister Biologi, Program Studi Magister Kimia (FMIPA), dan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: